Kamis, 28 Nov 2019 11:08 WIB

Penjualan iPhone Anjlok 10%, Apa Penyebabnya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
iPhone 11. Foto: Sina Mobile iPhone 11. Foto: Sina Mobile
Jakarta - iPhone 11 kabarnya disambut baik, tapi tetap tak mampu mengatrol penjualan iPhone secara keseluruhan. Hal itu terlihat dalam berbagai data dari biro riset terpercaya.

Canalys, Strategy Analytics sampai IHS semuanya sepakat bahwa penjualan iPhone turun di kuartal III 2019 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Penurunan berada di angka 2% sampai 7%.

Nah, laporan terbaru dari Gartner menyebut bahwa penurunannya lebih parah, yakni pada kisaran 10%. "Apple menjual 40,8 juta unit iPhone, dengan penurunan per tahun 10,7%," sebut Gartner.


"Meski Apple terus melanjutkan promosi penjualan dan diskon di beberapa pasar, hal ini tidak cukup untuk merangsang permintaan secara global," tambah mereka, dikutip detikINET dari 9to5Mac.

Data Gartner mengungkap bahwa penjualan iPhone 11 sebenarnya lumayan kuat walaupun tidak bisa menebus anjloknya penjualan iPhone generasi lama.

"iPhone 11, 11 dan 11 Pro Max mengalami adopsi awal yang bagus, yang menandakan bahwa penjualan mungkin positif dalam sisa kuartal," papar Gartner.

Ada dua hal yang menyebabkan iPhone loyo menurut Gartner. Pertama, konsumen banyak beralih membeli ponsel kelas menengah dari flagship, di mana Apple tak punya varian yang kuat. Kemudian, konsumen menunggu dukungan 5G, yang baru akan diberikan Apple di iPhone 12 tahun depan.



Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)