Jumat, 22 Nov 2019 13:24 WIB

Oppo Ajukan Paten untuk Chip, Namanya M1

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Jakarta - Oppo dilaporkan tengah merancang System on Chip (SoC) sendiri yang mereka namakan dengan M1. Bila terealisasi, maka Oppo akan melepaskan ketergantungan terhadap chip buatan Qualcomm dan MediaTek yang selama ini otak pada ponselnya.

Rencana tersebut diketahui setelah Oppo mengajukan merek dagang di European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Pengajuan perusahaan itu bocor di internet, seperti detikINET lansir dari GSMArena, Jumat (22/11/2019).



Adapun orang yang mengetahui rencana Oppo tersebut mengatakan, vendor asal China telah merekrut insinyur dari Speadtrum dan MediaTek untuk bekerja melahirkan chip M1.

Sementara terkait filosofi nama SoC ala Oppo, belum banyak terungkap. Apakah M ini kepanjangan dari mobile atau hal lainnya. Begitu juga soal M1 bila sudah ada, memungkinkan untuk dipasang di ponsel merek lainnya layaknya Exynos kepunyaan Samsung.

Mobile SoC Oppo yang dinamakan M1. Foto: Lets Go DigitalMobile SoC Oppo yang dinamakan M1. Foto: Lets Go Digital


Sejauh ini, Oppo belum memberikan pernyataan resmi terkait laporan tersebut.

Namun satu hal yang pasti, jika M1 resmi diperkenalkan oleh Oppo, maka ini mengikuti jejak vendor smartphone lainnya yang sudah lebih dulu menggarap mobile SoC, misalnya Samsung dengan Exynos, Apple, dan Huawei dengan Kirin.



Simak Video "Oppo Reno2 Tawarkan Keunggulan Video untuk Konten Kreator "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)