Rabu, 20 Nov 2019 17:03 WIB

Redmi K30 Pakai Layar 120Hz dan Sensor Kamera Baru Sony?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Redmi K20 Pro). Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Redmi K20 Pro). Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Xiaomi tampaknya tak mau menyerah begitu saja menghadapi gempuran Realme yang menggerus pangsa pasarnya. Setelah Redmi K20 yang punya quad camera 48 megapixel dan Mi Note 10 yang punya kamera 108 megapixel, kini muncul bocoran spesifikasi Redmi K30.

Bocoran yang sebelumnya muncul menyebut Redmi K30 bakal menggunakan dua kamera depan dengan gaya dual punch-hole di layarnya. Bocoran yang terbaru menyebutkan ponsel tersebut bakal menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz, sensor kamera anyar Sony IMX686 60 megapixel, dan sensor sidik jari di samping ponsel.

Sebagai informasi, semua bocoran spesifikasi ini muncul dalam barisan kode di MIUI 11 yang menyebutkan ada ponsel buatan Xiaomi dengan kode 'phoenix' yang mempunyai fitur-fitur seperti itu. Phoenix ini diduga adalah Redmi K30 karena mempunyai dua fitur yang sama dengan bocoran Redmi K30 sebelumnya, yaitu sensor sidik jari di samping ponsel dan dua kamera depan punch hole.

Sebelumnya, Xiaomi memang dikabarkan tengah menggarap penggunaan layar 120Hz di ponsel, yang terlihat dari pengaturan rahasia yang di dalam sistem operasi MIUI. Yaitu opsi mengubah refresh rate layar dari 60Hz menjadi 120Hz.


Kini rumor tersebut didukung oleh kemunculan 'phoenix', yang dalam barisan kode di MIUI 11 terdapat tulisan 'isSuppotHighFrameRate'. Frame rate tinggi ini bisa diasumsikan adalah di atas 60Hz, jadi diperkirakan 'phoenix' ini akan mempunyai layar dengan refresh rate 120Hz.

Kemudian soal sensor kamera 60 megapixel Sony IMX686, rumornya muncul dari laman teaser Sony di Weibo, yang menyebut bakal meluncurkan sensor tersebut di China pada Desember mendatang, dan Xiaomi pun sebelumnya sudah mengkonfirmasi kalau peluncuran Redmi K30 akan terjadi pada bulan yang sama, yaitu Desember.

Kemudian dari camera library milik Qualcomm juga kembali muncul nama 'phoenix' yang dipasangkan dengan kode IMX 686. Dalam library tersebut ada tulisan 'phoenix_imx686,' 'phoenix_s5k3t2,' 'phoenix_gc02m1_depth,' and 'phoenix_gc02m1_front.'


Sebagai informasi, S5K3T2 adalah sensor kamera 20 megapixel dari Samsung, namun belum ada informasi soal sensor kamera dengan nama GC02M1 sampai saat ini, demikian dikutip detikINET dari XDA Developer, Rabu (20/11/2019).

Diberitakan sebelumnya, Xiaomi memastikan Redmi K30 akan meluncur pada Desember mendatang di China. Pabrikan asal China itu menyebut Redmi K30 akan dilengkapi modem 5G yang mendukung dual mode (SA/NSA).



Simak Video "Presiden Xiaomi Pamit Undur Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)