Jumat, 15 Nov 2019 21:15 WIB

Laporan dari Singapura

Huawei Pastikan Toko Aplikasinya Sediakan App yang Banyak Dipakai

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Anggoro Suryo Jati/detikcom Foto: Anggoro Suryo Jati/detikcom
Singapura - Huawei optimistis ekosistemnya terus berkembang. Kalaupun perangkatnya tak lagi mendapat dukungan Google Mobile Services (GMS), ada Huawei Mobile Services (HMS) lewat Huawei AppGallery yang siap menyediakan berbagai aplikasi populer.

Hal ini dipastikan Huawei, menjawab kekhawatiran tentang kebutuhan para pengguna perangkat terbaru Huawei akan sejumlah aplikasi yang biasa mereka pakai.

"Huawei menyambut semua developer global untuk bergabung dalam ekosistem HMS dan merilis aplikasi mereka di Huawei AppGallery, menawarkan konsumen global kami pengalaman yang lebih baik," kata President Huawei Consumer Business Group APAC Region Alex Lin, di sela acara Huawei Developer Day di Singapura.



Bukan tanpa sebab jika Huawei begitu percaya diri. disebutkan Alex, saat ini Huawei AppGallery telah menjelma sebagai toko aplikasi ketiga terbesar di dunia. Toko aplikasi ini juga melayani para pengguna perangkat mobile Huawei di lebih dari 170 negara dan wilayah, serta 390 juta pengguna aktif bulanan dan 180 miliar download per tahun.

Sebagai toko aplikasi asal China, banyak yang tidak heran jika jumlah downloadnya mengesankan. Pasalnya, China dengan jumlah pengguna perangkat mobile terbesar di dunia, sudah mengambil porsi besar dalam jumlah ini.

Meski demikian, Huawei meyakinkan bahwa toko aplikasi mereka tak cuma jago kandang. Jumlah download di luar China sendiri tak kalah besar. Mereka menyebut total download di luar China lebih dari 1,3 miliar sejak April 2018.

"Jutaan aplikasi ada di Huawei AppGallery. Aplikasi lokal populer (Indonesia) juga sudah tersedia di sana," kata Alex.

Huawei Pastikan Toko Aplikasinya Sediakan App yang Banyak Dipakai (Kiri) President Huawei Consumer Business Group APAC Region Alex Lin dan President Huawei Consumer Cloud Service Zhang Ping'an (tengah). Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Dia memang tidak menyebutkan aplikasi populer apa saja yang sudah disediakan di toko aplikasi mereka. Yang jelas, Huawei memastikan akan terus menambah jumlah aplikasi yang dibutuhkan para penggunanya dan mengajak para developer aplikasi mendukung Huawei AppGallery.

"Huawei menyediakan dukungan insentif yang menyeluruh untuk para developer lewat berbagai program yang kami adakan untuk mereka," sebut Alex menjelaskan upaya Huawei menarik minat developer agar membuat aplikasi untuk toko aplikasinya.



Sejumlah program untuk mendukung para developer itu antara lain Shining-Star Program yang dirilis tahun lalu, dan pada Huawei developer Day tahun ini, Huawei meningkatkan investasi untuk program tersebut secara global senilai USD 1 miliar.

"Program-program kami menawarkan berbagai layanan dan dukungan untuk pengembangan aplikasi secara penuh, pendanaan untuk inovasi, pertumbuhan pengguna, marketing dan aspek lainnya," tutupnya.

Simak Video "Napak Tilas Kisah Budaya hingga Kelestarian Bumi Lewat Google Earth"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)