Selasa, 08 Okt 2019 13:32 WIB

macOS Catalina Sudah Tersedia, Apa Fitur Barunya?

Adi Fida Rahman - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Apple telah mengirimkan pembaruan macOS Catalina. Sejumlah fitur baru diberikan kepada pengguna Mac, apa saja?

- Tak Ada Lagi iTunes

Ketika telah terinstal, kamu tidak akan lagi melihat aplikasi iTunes yang selama ini selalu tersedia di macOS. Apple memecahnya menjadi tiga aplikasi, yakni Music, TV dan Podcasts.


- Sidecar

Fitur baru yang memanfaatkan layar iPad sebagai monitor eksternal. Atau dijadikan seperti tablet Wacoom, sehingga pengguna bisa menggambar langsung di permukaan iPad menggunakan Apple Pancil.

Untuk menggunakna fitur ini, iPad dapat dihubungkan dengan kabel atau nirkabel ke perangkat Mac.

macOS Catalina Sudah Tersedia, Ini Fitur BarunyaFitur Sidecar. Foto: 9to5Mac
- Find My

Aplikasi Find My yang baru menggabungkan Find My Friends dan Find My iPhone. Ini juga membawa fungsionalitas baru untuk membantu menemukan perangkat walaupun sedang offline.


- Apple Arcade

Setelah tersedia di iOS 13 dan iPadOS, layanan Apple Arcade tersedia di Mac. Untuk pengontrolan bisa menggunakan controler Xbox atau PS4 DualShock.
macOS Catalina Sudah Tersedia, Ini Fitur BarunyaFoto: 9to5Mac
- Pembaruan Aplikasi

Aplikasi yang diperbarui dengan membawa sejumlah peningkatan meliputi Photos, Pengingat, Reminder, Mail, dan Safari. Ada juga peningkatan keamanan seperti Gatekeeper dan Activation Lock untuk perangkat Mac dengan chip T2.


- Accessibility

Fitur Voice Control yang baru memungkinkan pengguna untuk menavigasi Mac mereka sepenuhnya dengan suara.

Artikel Berikutnya: Perangkat Pendukung dan Cara Menginstal (afr/fyk)