Minggu, 22 Sep 2019 10:48 WIB

5 Fakta Unik Penurunan Harga iPhone Sejak Pertama Rilis

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sudah menjadi tradisi, peluncuran iPhone terbaru akan berdampak pada penurunan harga jual iPhone lama. Demikian juga halnya yang terjadi ketika iPhone 11 baru dirilis sekarang ini. Sebagian konsumen menjadikannya sebagai momen tepat untuk upgrade iPhone mereka.

Mengamati pola dan perilaku ini, iPrice Group melakukan studi terkait dengan harga iPhone, terutama untuk model yang lebih dulu diluncurkan seperti iPhone 7, iPhone 8, iPhone X, dan iPhone XS.



Tujuan dari studi ini adalah menemukan pola penurunan harga iPhone sejak pertama kali dirilis, 6 bulan setelah dirilis dan 12 bulan sejak dirilis.

Dari riset ini, ditemukan fakta-fakta unik dan menarik mengenai penuruan harga iPhone sejak pertama rilis. Berikut ini rangkumannya:

1. Untuk mendapatkan iPhone dengan harga hampir setengah dari harga aslinya kita harus menunggu 3 tahun sejak pertama rilis.

Penurunan ini didukung dengan data bahwa iPhone 7 harganya menurun 55% sejak pertama kali diliris.

2. Harga iPhone akan menurun 6 bulan setelah rilis. Rataan penurunan sekitar 5%.

3. Rataan penurunan harga iPhone yaitu 16% dari harga rilisnya sejak 12 bulan dari rilis pertama kali.

4. iPhone X adalah model iPhone dengan penurunan yang paling signifikan. Dalam 6 bulan pertama penurunannya sampai 11% dan setelah 12 bulan penurunan sampai ke angka 27%. Ini terjadi karena Apple menghentikan produksi dari iPhone X setelah setahun rilis dan mereka fokus memproduksi iPhone XS.

5. Jika melihat tren dari penurunan harga ini, ada kemungkinan iPhone 11 akan 'lebih' terjangkau setelah 6 bulan rilis. Setelah 3 tahun, penurunan akan menajdi 55% dari harga asli ketika rilis.

5 Fakta Unik Penurunan Harga iPhone Sejak Pertama Rilis


Dalam studi ini, metodologi yang digunakan iPrice adalah dengan memilih iPhone dengan kapasitas terbesar, yaitu memori 256 GB. Sedangkan daftar harga iPhone saat periode rilis diambil dari situs Apple.com yang dilacak ulang menggunakan situs Wayback Machine.



Adapun daftar harga iPhone setelah 6 bulan dan 12 bulan rilis, diambil dari data internal iPrice yang membandingkan ribuan toko online penjual iPhone kondisi baru, dan estimasi harga dikonversi dari USD.

Nah, apakah kalian termasuk salah satu yang menantikan harga iPhone lama turun setiap kali iPhone terbaru diluncurkan?


*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice.

Simak Video "Bocoran Realme XT: dari Penjualan hingga Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)