Selasa, 17 Sep 2019 07:40 WIB

5 Fitur Ponsel Kekinian yang Tak Ada di iPhone 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
1 Notch, Sensor Sidik Jari, dan Reverse Wireless Charging
Halaman 2 dari 2
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images

Layar tanpa notch
Sebenarnya sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang bisa menghilangkan notch pada layar ponselnya tanpa harus menghilangkan sensor-sensor penting dan mengorbankan kualitas kamera depan. Tapi entah kenapa Apple masih mempertahankan notch atau poni yang begitu besar pada layar iPhone 11.

Tak jelas apakah Apple begitu menyukai notch pada layar, atau mereka memang sudah merencanakan untuk menghilangkan poni tersebut namun tetap mempertahankan sensor Face ID dan kamera depan.

Pabrikan seperti Oppo, Asus, Vivo dan sejumlah pabrikan lain sudah bisa memberikan layar tanpa notch dengan menyembunyikan kamera dengan pada panel pop-up yang bakal muncul ketika dibutuhkan.

Namun memang yang harus diperhatikan adalah Apple punya bermacam sensor yang mereka simpan bagian depan ponsel, tak sekadar kamera selfie. Dan sensor untuk Face ID itu memang membutuhkan tempat yang cukup besar, dan tampaknya sulit untuk disembunyikan tanpa keberadaan notch.

Sensor sidik jari bawah layar
Sensor semacam ini bisa menjadi solusi jika Apple ingin menghilangkan sensor Face ID pada wajah ponsel. Jadi pengguna tetap bisa menggunakan sistem keamanan iPhone tanpa kehadiran Face ID.

Namun tampaknya memang teknologi sensor sidik jari bawah layar belum bisa memenuhi kebutuhan Apple untuk keperluan Apple Pay yang diklaim membutuhkan keamanan tinggi.

Pasalnya sampai saat ini sensor sidik jari bawah layar belum bisa menyaingi sensor sidik jari konvensional dari sisi kecepatan dan akurasi. Banyak yang mengeluhkan sensor sidik jari semacam ini terbilang lambat dan tak akurat.

Reverse Wireless Charging
Huawei sudah menerapkan teknologi ini sejak 2018, dan Samsung pada 2019 di Galaxy S10 dan Galaxy Note 10. Dan Apple sebenarnya punya kesempatan untuk mengimplementasikan teknologi ini dengan baik.

Dengan fitur ini, pengguna bisa saja mengisi ulang baterai AirPods dengan menempelkan case earphone-nya itu ke belakang ponsel. Sama seperti yang mereka lakukan dengan Apple Pencil 2 dan iPad Pro teranyar.

(asj/fay)