Selasa, 17 Sep 2019 07:40 WIB

5 Fitur Ponsel Kekinian yang Tak Ada di iPhone 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Apple menambahkan sejumlah fitur 'baru' pada jajaran iPhone 11 yang baru dirilis. Diberi tanda kutip karena fitur tersebut sebelumnya sudah lazim ada di ponsel Android.

Fitur tersebut antara lain adalah kamera ultra wide, Night Mode, dan charger cepat, yang sebetulnya sudah lazim ditemui di Android. Namun memang ini memang gayanya Apple, yaitu menggunakan fitur yang sudah ada, namun dengan berbagai penyempurnaan, dan baru dipakai saat penggunaannya sudah matang.

Meski begitu, masih ada sejumlah fitur lain yang sebenarnya sudah ada di ponsel-ponsel Android namun belum tersedia di iPhone. Dan fitur-fitur ini mungkin yang membuat calon pembeli iPhone menunda untuk membeli iPhone 11. Apa saja?



USB-C
Port USB-C bisa dibilang adalah sebuah standar untuk ponsel masa kini. Hampir semua ponsel Android baru saat ini menggunakan port tersebut, bahkan port ini pun ada di iPad Pro baru dan sudah ada sejak lama di lini MacBook dan MacBook Pro.

Namun Apple masih memakai port Lightning di iPhone 11, meskipun mereka sudah memberikan kabel USB-C to Lightning untuk iPhone 11 Pro agar penggunanya bisa memanfaatkan fitur Power Delivery saat mengisi daya.



Layar yang 'kencang'
Jika saja Apple menggunakan panel dengan refresh rate lebih tinggi di iPhone 11, tampaknya ponsel jagoannya itu akan menjadi ponsel yang superior dibanding ponsel lain. Tak perlu 120Hz atau 144Hz, 90Hz saja sudah cukup kok.

Namun sayangnya iPhone 11 (ataupun 11 Pro) masih menggunakan layar 60Hz yang jelas tak sekencang dan bisa menampilkan animasi sehalus layar dengan refresh rate 90Hz ke atas. Layar 90Hz ke atas ini bisa dibilang memberikan nilai premium tersendiri pada ponsel, karena baru sedikit ponsel yang menggunakannya, seperti OnePlus, Razer, dan Asus.

Meski mungkin keputusan tak menggunakan layar 90Hz ini masih bisa dimengerti. Masalahnya layar kencang seperti itu bakal memakan daya baterai yang lebih banyak. Bertolak belakang dengan salah satu keunggulan yang ditonjolkan Apple di iPhone 11, yaitu daya tahan baterai yang lebih lama. (asj/fay)