Senin, 16 Sep 2019 17:24 WIB

Dibanding Android, iPhone 11 Disebut Ketinggalan Zaman

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
iPhone 11. Foto: Chris Velazco/Engadget iPhone 11. Foto: Chris Velazco/Engadget
Jakarta - iPhone generasi baru selalu jadi pusat perhatian, tak terkecuali iPhone 11. Beberapa kritik dialamatkan kepadanya, ada yang menilai iPhone 11 kemahalan sekaligus ketinggalan zaman. Apalagi desainnya pun tidak banyak berbeda dari sebelumnya.

"Menyedihkan, generasi terbaru ini tak membawa sesuatu yang baru. Seperti perangkat sebelumnya, iPhone 11 menampilkan teknologi yang sudah tersedia bagi user Android," tulis Jurica Dujmovic, kolumnis teknologi MarketWatch.

"Kamera sepertinya menjadi upgrade iPhone terbesar. Tapi di sini, Apple terlambat. Meski bagus, tidak berarti lebih baik dari kamera yang sudah tersedia di model Android," cetusnya.

Lensa iPhone 11 dapat melakukan 4 kali optical zoom. Tapi ponsel semacam Huawei P30 Pro bisa melakukan 10x zoom. Kamera depan P30 Pro pun 32 megapixel yang tentu menangkap lebih banyak detail dibandingkan iPhone 11 yang 12 megapixel.


Foto gelap atau malam hari di iPhone 11 memang bagus, tapi dinilai masih lebih baik Google Pixel 3. Adapun kecepatan isi ulang 18W di iPhone 11 juga kalah dengan Galaxy S10 yang 20W.

Jurica pun mendaftar beberapa kekurangan iPhone 11 lainnya. Misalnya tidak ada colokan headset standar 3,5 mm, layar 69 hertz yang kalah dari OnePus 7 Pro dengan 90-Hz, serta tidak bisa mengisi ponsel lain secara wireless, fitur yang telah dimiliki P30 Pro ataupun Galaxy Note 10.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)