Minggu, 08 Sep 2019 06:15 WIB

Huawei Mate 30 Tidak Didukung Aplikasi Google?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Weibo Foto: Weibo
Jakarta - Setelah tanggal kelahiran Mate 30 dan Mate 30 Pro terungkap, kian santer beredar informasi bahwa smartphone flagship besutan Huawei tidak didukung aplikasi Google.

Sebelumnya, sejumlah sumber dan pemberitaan mengatakan kedua ponsel anyar Huawei itu tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi Google. Kali ini, Nikkei Asian Review, Minggu (8/9/2019) memberitahukan kalau Mate 30, Mate 30 Pro, hingga Mate X kemungkinan di dalamnya tidak ditemukan aplikasi Chrome, Gmail, YouTube, Maps, dan produk Google lainnya.



Ketiadaan layanan Google Play bisa jadi pukulan hebat bagi Huawei, di mana saat ini memang banyak aplikasi yang bergantung padanya.

Adapun hal ini, disebabkan dampak dari masuknya Huawei dalam daftar hitam Pemerintah Amerika Serikat (AS). Perusahaan asal Negeri Paman Sam dilarang melakukan bisnis apapun dengan Huawei dikarenakan isu keamanan nasional.



Dilansir dari GSMArena, analis memperkirakan hal ini akan menyulitkan Huawei dalam memasarkan smartphone mereka di mancanegara. Penjualan di luar China diprediksi bisa turun 30% atau lebih.

Diberitakan sebelumnya, Mate 30 dan Mate 30 Pro dijadwalkan melenggang pada 19 September di Munich, Jerman. Hal ini meneruskan tradisi Huawei untuk merilis perangkat seri Mate di luar negeri. Mate 10 dilahirkan di Munich, Jerman pada 2017 dan Mate 20 di London, Inggris pada 2018.

Simak Video "Batasi Huawei, Google Dianggap Lukai Diri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com