Mengenang Motorola Rokr E1, si 'Pendahulu' iPhone - Halaman 2

Mengenang Motorola Rokr E1, si 'Pendahulu' iPhone

Kris Fathoni W - detikInet
Rabu, 04 Sep 2019 12:42 WIB
Mengenang Motorola Rokr E1, si Pendahulu iPhone
Motorola Rokr E1, si 'Pendahulu' iPhone. (Foto: Dok. Motorola)

Yang jadi sorotan pengguna dan media, firmware di dalam Motorola Rokr E1 ini cuma menyediakan tempat buat 100 lagu dari iTunes. "Resmi: Ponsel iTunes ROKR E1 cuma bisa menyimpan max 100 tracks," demikian sebuah artikel Engadget per 9 Agustus 2005.

Selain itu, proses transfer lagu ke Rokr E1 juga disorot. Ketiadaan dukungan Hi-Speed USB membuat durasi transfer lagu ke perangkat ini jadi terasa lambat dibandingkan dengan ke alat pemutar musik khusus.

Nasib Rokr E1 juga jadi tidak bagus menyusul rentetan kabar mengenai hubungan Motorola-Apple yang kian renggang. Potensi negatif sebenarnya sudah hadir sejak Rokr E1 lahir, karena di tanggal yang sama Apple juga merilis pemutar musik iPod Nano.

Ed Zander, CEO Motorola saat itu, bahkan sempat dikutik mencibir keras iPod Nano. Ia kesal karena Rokr E1 tak mendapatkan publikasi yang cukup akibat mendapat persaingan dari iPod Nano yang rilis bersamaan. Ia bahkan sempat menuding Apple tak serius kerjasama dan ada usaha menyabotase Rokr E1.

"Apa yang bisa dilakukan Nano? Siapa yang mendengarkan 1.000 lagu? Orang menginginkan perangkat yang tak cuma bisa untuk mendengarkan musik, sesuatu yang berguna di negara dengan punya jaringan seluler lebih terdepan dan juga buat pengguna yang ahli," katanya dalam artikel SoftpediaNews tertanggal 27 September 2005.

Perangkat yang tak cuma bisa untuk mendengarkan musik. Ini mungkin jadi kata kunci tersendiri buat Apple, dan Steve Jobs. Pada September 2007, Apple resmi merilis iPhone -- ponsel kedua yang terintegrasi dengan pemutar musik iTunes setelah Rokr E1. Konon Steve Jobs mendapat ilham lebih lanjut dalam proses untuk melakukan pengembangan iPhone pada tahun 2005. Tahun saat Rokr E1 rilis.



(krs/rns) (krs/rns)