Kamis, 22 Agu 2019 12:20 WIB

Survei: Di AS, Jack Headphone Bukan Fitur Penting Smartphone

Kris Fathoni W - detikInet
Di AS, Jack Headphone Bukan Fitur Penting Smartphone. (Foto: Photo by freestocks.org on Unsplash) Di AS, Jack Headphone Bukan Fitur Penting Smartphone. (Foto: Photo by freestocks.org on Unsplash)
Jakarta - Mulai ada kecenderungan smartphone tak lagi mengusung port jack headphone/audio 3,5mm. Di Amerika Serikat, kehadirannya pun tak lagi dianggap penting-penting amat.

Begitulah setidaknya hasil survei yang dilakukan oleh Ting, sebuah "operator virtual" alias mobile virtual network operator (MVNO) di AS. Survei dilakukan terhadap 3.640 pembeli smartphone yang berdomisili di negeri Paman Sam.

Dari survei tersebut, sebagaimana dilansir AndroidAuthority, salah satu temuannya adalah cuma satu persen responden yang menganggap keberadaan jack headphone sebagai tiga besar fitur penting saat membeli sebuah smartphone baru.




Pertanyaan yang diajukan kepada 3.640 responden itu adalah "apa faktor terpenting yang pertama, kedua, dan ketiga dalam memilih ponsel barumu?". Para responden dapat memilih dari daftar yang sudah ditentukan di antaranya harga, layar, kamera, baterai, kapasitas penyimpanan, spesifikasi (RAM, kecepatan prosesor), sistem operasi, jack headphone, dan "faktor keren".

"Dari pilihan-pilihan tersebut, cuma satu persen responden yang memilih jack headphone sebagai salah satu dari tiga faktor terpenting buat mereka," sebut AndroidAuthority.

Survei ini juga memperlihatkan bahwa harga masih menjadi faktor utama buat para responden. Sekitar 35 persen memilih harga sebagai faktor terbesar dalam memutuskan untuk membeli smartphone.




Faktor penting kedua adalah sistem operasi, yang dipilih oleh 30 persen responden. Faktor terpenting ketiga adalah spesifikasi smartphone (14 persen).

"Cuma lima persen yang memprioritaskan layar dan, yang cukup mengejutkan, hanya empat persen memprioritaskan baterai. Dua persen sangat peduli pada 'faktor keren', yang mengindikasikan rata-rata pembeli smartphone di AS lebih peduli pada ponsel yang tampak keren ketimbang ponsel yang memiliki jack headphone," tulis sebut AndroidAuthority.

Pendapat detikers sendiri bagaimana?




Simak Video "Penting! Ini Alasan Kamu Harus Mulai Detoks Smartphone"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/asj)