Senin, 12 Agu 2019 17:00 WIB

Samsung Resmikan Sensor Kamera Ponsel 108 MP

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Samsung Foto: Samsung
Jakarta - Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran sensor kamera terbarunya untuk smartphone. Bernama ISOCELL Bright HMX, membawa ukuran 108 megapixel.

Vendor asal Korea Selatan ini mengklaim sensor tersebut adalah pertama di industri yang menawarkan ukuran di atas 100 juta pixel. Mereka juga menyebut-nyebut resolusi yang dihadirkan sensor barunya setara dengan kamera DSLR kelas atas.


Dengan resolusi hingga 108MP, sensor ISOCELL Bright HMX menjanjikan pengguna gambar detail yang sangat baik, bahkan dalam kondisi ekstrim. Sensor ini mengadopsi ukuran 1/1,33 inch, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya daripada sensor yang ada di pasaran saat ini.

Dalam kondisi cahaya rendah, teknologi Tetracell memungkinkan sensor meniru sensor berukuran besar pixel besar. Sehingga menghasilkan gambar 27MP yang cerah.

Dalam lingkungan yang cerah, ISOCELL Bright HMX memiliki fitur Smart-ISO. Fitur ini akan memilih tingkat penguatan amplifier secara cerdas berdasarkan pencahayaan sekitar untuk konversi sinyal fotoelektrik yang optimal, beralih ke ISO rendah untuk meningkatkan saturasi pixel dan menghasilkan foto yang realistis.

Samsung Resmi Merilis Sensor 108 MP, Apa keunggulannya?Wujud ISOCELL Bright HMX Foto: Samsung
Mekanisme ini turut menggunakan ISO tinggi dalam pengaturan yang lebih gelap. Itu untuk membantu mengurangi noise dan membuat gambar lebih tajam.

"Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi pixel dan logic untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL kami guna menangkap dunia sedekat apa yang dilihat mata kita," kata Yongin Park, executive vice president of sensor business at Samsung Electronics dalam keterangan resminya.


Produksi massal untuk Samsung ISOCELL Bright HMX akan dimulai akhir bulan ini. Perangkat Xiaomi akan menjadi yang pertama menggunakannya. Menurut rumor ponsel tersebut adalah Mi Mix 4.

"Kami sangat senang bahwa resolusi gambar yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa kamera DSLR tingkat atas sekarang dapat dirancang menjadi smartphone," kata Lin Bin, co-founder dan presiden Xiaomi.

Simak Video "Realme Masuk ke Jajaran 5 Ponsel Ngetop di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)