Jumat, 09 Agu 2019 17:52 WIB

Huawei Resmikan Penantang Android

Agus Tri Haryanto - detikInet
Harmony OS, si penantang baru Android. Foto: Huawei Harmony OS, si penantang baru Android. Foto: Huawei
China - Huawei resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) buatannya yang bernama Harmony. Seperti apa?

Dalam ajang Huawei Developer Conference yang diselenggarakan di Dongguan, China, CEO Divisi Consumer Huawei Richard Yu memperkenalkan Harmony yang digadang akan jadi penantang dominasi Android. Sebelumnya, desas-desus OS Huawei tersebut disebut Hongmeng.

"OS Harmony sangat berbeda dengan Android dan iOS," ujar Yu sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (9/8/2019).


Disampaikannya, Harmony tak hanya dapat beroperasi di perangkat ponsel saja, melainkan juga untuk speaker pintar, mobil, komputer, jam tangan pintar, maupun tablet.

Bahkan, aplikasi yang dibangun dari platform HTML5, Linux, hingga Android pun bisa berjalan di atas Harmony.



"Anda dapat mengembangkan aplikasi sekali, lalu secara fleksibel menyebarkannya di berbagai perangkat yang berbeda," ungkapnya.

Harmony mulai dikembangkan sejak dua tahun lalu, tetapi pada tahun ini pihaknya kian mempercepat kehadirannya. Hal itu dipicu karena Huawei masuk ke dalam daftar hitam Departemen Perdagangan AS yang berdampak salah satunya terbatasnya dukungan teknologi buatan perusahaan asal Negeri Paman Sam itu.



OS Harmony 1.0 akan diadopsi oleh produk-produk layar pintar Huawei yang akan datang, seperti Honor Vision TV. Selamat tiga tahun ke depan, Huawei mengoptimalkan OS ini ke berbagai lini produk yang membawa versi 2.0 ke pasar pada tahun 2020 dan versi 3.0 satu tahun kemudian.

Harmony yang sepenuhnya dirancang open source ini mulanya akan menguatkan pasar dalam negeri di China, dengan membuka kesempatan kepada Oppo dan Xiaomi untuk ikut mengembangkan OS tersebut.

Simak Video "Huawei Akui Tak Kena Dampak Signifikan Kebijakan AS soal Boikot China"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)