Senin, 29 Jul 2019 06:40 WIB

Mantan Engineer Nokia Beberkan Kenapa Windows Phone Gagal

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Masih banyak orang yang bertanya-tanya kenapa Windows Phone mengalami kegagalan. Padahal sistem operasi buatan Microsoft ini punya banyak pengguna yang cukup loyal.

Seorang mantan engineer Nokia coba membeberkan kenapa Windows Phone kurang berhasil di pasaran. Sosok engineer ini sendiri mengaku telah bekerja di Nokia sebelum dan sesudah akusisi oleh Microsoft.


Dilansir dari laman Mspoweruser, Senin (29/7/2019) sang engineer menyebut ada empat alasan yang menurutnya menjadi kunci kegagalan smartphone berbasis Windows Phone.

1. Meremehkan Google
Microsoft memandang Google sebagai pemain baru bukanlah sebagai ancaman. Bagi perusahaan yang bermarkas di Redmond lawan terberat mereka adalah Apple.

Android pada awal-awalnya memang tidak begitu menarik, tapi layanan Google yang lengkap membuatnya berbeda. Nah ketika Google kemudian menarik dukungan YouTube, Google Maps dan Gmail, membuat perangkat Windows Phone jadi kurang berharga.

Windows 8Windows 8 Foto: Softpedia
2. Windows 8
Microsoft coba menghadirkan perubahan besar pada Windows 8 agar dapat mendukung dengan layar sentuh. Mereka memperkenalkan user interface Metro.

Hanya saja banyak yang menilai Metro menghadirkan pengalaman tidak menyenangkan. Kendati Microsoft telah memperbaikinya pada Windows 10, stigma buruk terhadap Metro belum juga pulih.

3. Reputasi Microsoft
Pada saat ini banyak anak muda yang tidak begitu suka dengan Microsoft. Mereka coba membuat startup untuk menghadirkan platform lain.

Mantan Engineer Nokia Beberkan Kenapa Windows Phone GagalFoto: Cnet
4. Loyalitas
Banyak yang menilai aplikasi yang ada di Windows Phone kurang memikat. Kondisi tersebut berbeda dengan iOS dan Android.

Inilah yang membuat banyak orang enggan melirik ataupun migrasi ke Windows Phone. Belum lagi makin banyak developer yang mengembangkan aplikasi untuk kedua platform tersebut.


Lambat laun iOS dan Android terus menggerus pangsa pasar Windows Phone. Dan pada akhirnya Microsoft mematikan sistem operasi mobilenya itu.

Menurut detikers sendiri, apa yang membuat Windows Phone gagal di pasaran?

Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/asj)