Kamis, 18 Jul 2019 16:01 WIB

Mungkin Ini Perangkat Pertama Huawei yang Pakai Hongmeng

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: David Becker/Getty Images Foto: David Becker/Getty Images
Jakarta - Huawei diketahui sudah menggarap sebuah sistem operasi (OS) sendiri dengan beragam nama tentangnya sudah bermunculan. Bulan depan, sebuah perangkat dispekulasikan bakal jadi yang pertama memakai OS tersebut.

Hongmeng OS, Oak OS, dan Ark OS. Demikian nama-nama yang sudah muncul dalam pembahasan mengenai sistem operasi buatan Huawei. Belakangan ada pula nama Harmony OS -- dengan sebagian media menyebutnya sekadar nama lain dari Hongmeng.




Nah, sistem operasi itu kini digadang-gadang bakal diperkenalkan dalam sebuah perangkat Huawei pada bulan depan. Perangkat itu bukanlah smartphone, melainkan sebuah "smart screen".

"Smart screen" itu sendiri merupakan istilah yang dilontarkan oleh Zhao Ming selaku pesiden consumer electronics Honor, sub-brand Huawei, sebagaimana diwartakan Caixin Global.




Walau tak disebut secara eksplisit olehnya, produk ini diduga sebagai sebuah TV pintar alias smart TV, antara lain karena Zhao menyatakan bahwa produk tersebut akan mendorong perkembangan TV tradisional ke arah baru.

Selain itu, seorang juru bicara Honor pada prosesnya juga mengatakan kepada Caixin Global bahwa perangkat tersebut "dapat dihubungkan dengan kabel untuk menerima sinyal televisi."




Zhao juga tidak menyebutkan bahwa Harmony, atau Hongmeng, benar-benar akan menjadi sistem operasi dari perangkat tersebut. Tapi santer diduga bahwa TV pintar itu memang akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan OS buatan Huawei sendiri.

Muncul pula spekulasi bahwa kehadiran sistem operasi itu di sebuah TV pintar bisa saja menyokong pengembangan Hongmeng buat smartphone, sekaligus mengawali usaha Huawei menciptakan ekosistem sendiri dari OS-nya.



Mungkin Ini Perangkat Pertama Huawei yang Pakai Hongmeng
(krs/fyk)