Sabtu, 13 Jul 2019 12:30 WIB

iPhone 'Made in India' Meluncur ke Eropa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Apple kabarnya mulai mengirim iPhone yang dibuat di India ke Eropa. Seri iPhone mana saja yang dijual ke Benua Biru itu?

Fasilitas perakitan iPhone di India itu dimiliki oleh Wistron, salah satu partner Apple dalam perakitan iPhone. Pabriknya sendiri sudah mulai produksi sejak 2016 lalu, dan berlokasi di Bengaluru.

Jenis iPhone yang dibuat di pabrik tersebut antara lain adalah iPhone 6s dan iPhone 7, dan kedua seri iPhone itu juga yang dikirim ke Eropa, dengan jumlah 100 ribu unit setiap bulannya. Ekspor iPhone dari India ke Eropa itu kabarnya sudah berlangsung selama beberapa bulan ke belakang.




Apple belakangan ini tengah berusaha untuk mengalihkan produksi perangkatnya dari China. Tujuannya untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap Negeri Tirai Bambu tersebut, terutama karena perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang tak kunjung usai.

Ke depannya, Apple juga disebut bakal memproduksi iPhone seri baru di India dengan menggandeng Foxconn, rekanan utama mereka dalam memproduksi perangkat. Kabarnya hasil produksi tersebut juga akan diekspor ke sejumlah pasar Apple yang lain.

Dan perlu diingat juga, dengan memproduksi iPhone-nya di India, Apple juga jadi bisa memenuhi aturan TKDN yang diterapkan oleh pemerintah India terhadap perusahaan asing agar bisa mengoperasikan toko ritelnya di negara tersebut, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo.







Simak Video "Analisis Ming-Chi Kuo: iPhone 5G Apple Bakal Rilis Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed