Senin, 08 Jul 2019 12:37 WIB

Hongmeng Akan Meluncur Bareng Huawei Mate 30?

Kris Fathoni W - detikInet
Ada rumor OS Hongmeng akan meluncur bareng Huawei Mate 30. (Foto: Reuters) Ada rumor OS Hongmeng akan meluncur bareng Huawei Mate 30. (Foto: Reuters)
Jakarta - Ada rumor bahwa OS Hongmeng, sistem operasi Huawei sebagai alternatif Android, akan dirilis bareng perangkat flagship Huawei Mate 30.

Sudah bukan rahasia bahwa Huawei mengerjakan sistem operasinya sendiri. Tekanan dari Amerika Serikat dalam beberapa waktu terakhir pun membuat OS yang disebut dengan nama internal Hongmeng itu kian populer.

Menurut kabar, diketahui pula bahwa Huawei sudah mendaftarkan nama "Hongmeng" di sejumlah negara. Kian santerlah spekulasi sistem operasi yang juga pernah disebut dengan nama Ark OS dan Oak OS itu akan segera hadir resmi.




Yang teranyar, BGR.com memunculkan rumor mengenai kemungkinan OS Hongmeng akan resmi diperkenalkan berbarengan pada saat seri Huawei Mate 30 meluncur -- diperkirakan pada bulan Oktober atau November.

Hal itu merujuk pada sebuah laporan dari Huawei Central, yang juga menyatakan bahwa Huawei sudah mengundang sejumlah orang untuk menguji Hongmeng di dalam sebuah perangkat baru dari perusahaan China itu. Bagian "perangkat baru" itu yang memicu dugaan Mate 30.




Disebutkan, seseorang yang berkaitan dengan urusan tersebut sudah mengungkap rencana itu lewat email kepada Huawei Central. Email itu pula yang menyebut adanya kemungkinan Huawei merilis sistem operasinya bersama seri Huawei Mate 30.

Mengingat seri Mate 30 memang akan rilis dalam beberapa bulan ke depan, juga predikatnya sebagai salah satu flagship Huawei, dan situasi terkait Android saat ini, menguatkan rumor bahwa Hongmeng bisa saja benar-benar hadir bareng perangkat tersebut.

Pun demikian, dispekulasikan pula bahwa Huawei pada dasarnya masih menjadikan Hongmeng sebagai sistem operasi alternatif dari Android. Rencana bisa saja berubah andaikata tekanan AS mengendur sehingga Huawei tetap leluasa pakai Android-nya Google.







Simak Video "Huawei Mate 30 Pro Hadir dengan 4 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/jsn)