Jumat, 05 Jul 2019 18:29 WIB

Powerbank Terbakar Bikin Pesawat Ini Mendarat Darurat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Instagram/@virginatlantic Ilustrasi. Foto: Instagram/@virginatlantic
Jakarta - Pesawat milik Virgin Atlantic terpaksa mendarat darurat Kamis (4/7/2019) lalu karena ada sebuah kursi yang terbakar yang disebabkan oleh battery pack portabel, atau powerbank.

Pesawat itu sebenarnya berada dalam perjalanannya dari bandara JFK di New York menuju bandara Heathrow di London. Namun terpaksa mendarat darurat di bandara Logan di Boston setelah ada api dan asap yang muncul dari kursi seorang penumpang.

Untungnya, semua penumpangnya yang berjumlah 217 orang berhasil dievakuasi dengan selamat, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (5/7/2019).




Api tersebut kemudian berhasil dipadamkan oleh kru pesawat, dan setelah diinvestigasi, ditemukan adanya sejumlah kabel di kursi yang terbakar itu, termasuk dengan sebuah powerbank dan sebuah charger ponsel.

Belum jelas kenapa powerbank itu bisa terbakar, namun memang ada banyak hal di baterai lithium ion yang membuatnya berpotensi terbakar. Antara lain penggunaan charger yang tak kompatibel sehingga memberikan daya yang terlalu besar, atau baterai yang cacat sehingga bisa menimbulkan overcharge, ataupun suhu yang terlalu panas pun bisa membuat baterai menjadi terbakar.

Oleh karena itulah, saat ini banyak badan regulasi penerbangan di berbagai negara yang menerapkan aturan ketat mengenai powerbank, atau baterai apa pun dalam berbagai bentuk yang mau dibawa dalam pesawat, seperti kapasitas maksimal, dan tidak boleh masuk ke dalam bagasi.




Simak Video "Kata Mereka soal Larangan Bawa Powerbank ke Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com