Merapat Lagi ke Android, Bagaimana Nasib Huawei Hongmeng?

Merapat Lagi ke Android, Bagaimana Nasib Huawei Hongmeng?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 03 Jul 2019 14:38 WIB
Ponsel Huawei. Foto: Sina Mobile
Jakarta - Huawei berpotensi bebas lagi menggunakan sistem operasi Android menyusul melunaknya sikap presiden Amerika Serikat, Donald Trump, soal sanksi pada mereka. Lantas, bagaimana nasib OS yang sedang mereka kembangkan, yaitu Hongmeng atau Oak OS?

Nama Hongmeng menyeruak ke permukaan setelah Google akan mencekal Huawei memakai versi penuh Android. Ternyata telah dikembangkan secara rahasia selama beberapa tahun, Hongmeng digadang akan menjadi alternatif Android dan ponselnya pun sudah siap diluncurkan.

Kini dengan melunaknya Trump, Huawei berpotensi bisa terus memakai Android kendati masih belum ada pernyataan jelas dari Google. Sinyal dari petinggi Huawei menandakan mereka tetap akan menjadikan Android prioritas utama.




"Huawei tetap berkomitmen pada ekosistem Android, namun ada rencana back up," kata Walter Ji, presiden Huawei wilayah Eropa Barat yang dikutip detikINET dari Pocket Lint.

Artinya, begitu Google sudah memberikan lampu hijau, Huawei akan tetap memprioritaskan pemakaian Android. Apalagi soal Hongmeng, Ji menyebutkan belum ada kepastian kapan pihaknya akan meluncurkannya. Jadi, Hongmeng sejauh ini masih merupakan 'plan B'.




Membesarkan Hongmeng memang bukanlah perkara mudah. Bisa jadi sistem operasi ini bagus, akan tetapi ekosistemnya tentu kalah jauh dibandingkan Android yang sudah sangat matang. Kecuali ada dukungan dari sesama vendor China seperti Xiaomi atau Oppo.

Jika benar demikian, Hongmeng berpotensi jadi pesaing kuat Android. Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, apabila sungguh bersatu mendukung Hongmeng, akan membuat Android kelabakan mengingat mereka semua adalah produsen smartphone top dunia.




"Larangan Amerika bisa berubah jadi ancaman China untuk merusak ekosistem smartphone global dengan menyediakan alternatif software dan layanan Android. Jika Huawei dan pemerintah China dapat memobilisasi vendor China besar lain, maka bisa memukul AS," sebut Tech Lapse.

Bagaimanapun, berbagai pihak menyebutkan bahwa langkah teraman bagi Huawei tetap adalah dengan mengandalkan Android. Bisa jadi ponsel berbasis Hongmeng juga akan diluncurkan, tapi hanya dalam taraf coba-coba. Kita tunggu saja bagaimana perkembangannya.




Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)