Rabu, 03 Jul 2019 08:53 WIB

iPhone Bakal Punya Sensor Sidik Jari Lagi, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: softpedia Foto: softpedia
Jakarta - Sejak merilis iPhone X dua tahun lalu, Apple menanggalkan sensor sidik jari. Sempat dikira akan terus menggunakan Face ID, perusahaan berbasis di Cupertino itu siap mengembalikan lagi sensor sidik hari di ponselnya.

Informasi tersebut bersumber dari pemasok komponen di China. Mereka mengatakan pengguna di Negeri Tiongkok memilih ponsel di kisaran 5.000 yuan. Karenanya iPhone XR yang banyak dipilih.


Nah demi mengambil hati, Apple pun putar otak agar mereka bisa meraih pangsa pasar yang lebih besar di China. Salah satu upayanya dengan mengembalikan sensor sidik jari.

Cara ini dapat memangkas harga ketimbang masih menerapkan Face ID pada ponselnya. Sehingga harga jual iPhone dapat lebih murah.

Tapi bukan berarti dihadirkannya kembali sensor sidik jari akan mengembalikan tombol Home. Apple akan menerapkan sidik jari di layar seperti banyak dijumpai di ponsel Android terbaru.

Perusahaan yang dikomandoi Tim Cook ini memang sedari lama telah mengeksplorasi implementasi pembaca sidik jari. Tapi tidak satu pun yang memenuhi persyaratannya.


Namun sekarang mereka telah menemukan solusi dan bersiap untuk menerapkannya pada iPhone. Tapi belum ada informasi apakah iPhone tersebut akan dirilis 2019, atau malah tahun depan.

Semoga saja dapat dirilis tahun ini juga dan tidak hanya untuk pasar China saja. Sehingga memberikan alternatif pada pengguna yang ingin iPhone layar OLED, bazel tipis dan punya sidik jari di layar namun dibanderol dengan harga masuk akal. Setuju?

Simak Video "Kemungkinan Apple Tak Hadirkan Lightning Port di iPhone 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)