Selasa, 02 Jul 2019 12:51 WIB

Ini Kesalahan Bill Gates yang Membuat Android Jaya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Steve Ballmer dan Bill Gates muda. Foto: Robert Sorbo-Microsoft/Handout/Reuters Steve Ballmer dan Bill Gates muda. Foto: Robert Sorbo-Microsoft/Handout/Reuters
Jakarta - Baru-baru ini, Bill Gates mengungkap rasa sesal Microsoft tak mampu berbuat banyak di pasar smartphone karena ditelikung Android. Ia mengakui ada kesalahan di masa lampau yang membuat Microsoft tak dapat membuat OS seperti Android yang menjadi alternatif kuat iOS.

"Kesalahan terbesar (saya) adalah... kesalahan manajemen apapun yang saya lakukan yang menyebabkan Microsoft tidak bisa jadi seperti Android," ujar Gates. Jadi, apa sebenarnya kesalahannya?

Di masa silam, Microsoft sebenarnya pionir di pasar smartphone dengan Windows Mobile. Perangkat Windows Mobile sudah ada jauh sebelum Android eksis ataupun peluncuran iPhone. Sayang, Microsoft melewatkan kesempatan menguasai pasar smartphone karena beberapa kekeliruan.


"Masalah Microsoft adalah perangkat yang buruk, stylus plastik dan kurang cocoknya sistem operasi Windows dibenamkan ke perangkat mobile," tulis David Court, kolumnis teknologi di Stuff mengenai Windows Mobile.

"Ingat PDA Windows Mobile? Itu adalah visi Microsoft di bawah Bill Gates soal masa depan komputasi mobile. Syukurlah PDA tidak berhasil. Mereka mengerikan dan butuh stylus dalam penggunaannya," tambah David.

Steve Jobs dalam peluncuran iPhone perdana pun tidak terkesan dengan adanya stylus. iPhone yang mereka lahirkan sepenuhnya beroperasi dengan layar sentuh dan akhirnya merevolusi industri ponsel.


Microsoft coba berbenah dengan peluncuran Windows Phone yang lebih keren dan intuitif serta mendapatkan dukungan penuh Nokia. Sayang semua sudah terlambat, iPhone dan Android sudah terlalu berkuasa.

Jadi agaknya, kombinasi antara kurang baiknya pengalaman memakai Windows Mobile, keterlambatan Windows Phone, peluncuran iPhone yang revolusioner dan kemudian kedatangan Android membuat Microsoft tidak berdaya. Pantaslah jika Bill Gates menyesalinya.


Ini Kesalahan Bill Gates yang Membuat Android Jaya


Simak Video "Otak Genius Bill Gates Layaknya ''Multiprocessor''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)