Gaet Qualcomm dan Fujitsu, Vietnam Mau Bikin Ponsel 5G

Gaet Qualcomm dan Fujitsu, Vietnam Mau Bikin Ponsel 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 29 Jun 2019 09:44 WIB
Foto: (iStock)
Jakarta - Negara Asia Tenggara yang mengadopsi 5G akan bertambah lagi. Setelah Filipina, kini berlanjut ke Vietnam.

Bila Filipina lebih kepada jaringannya, di mana negara kepulauan ini jadi yang pertama di Asia Tenggara yang menggelar layanan 5G secara komersial, maka Vietnam mengarah pada produksi perangkatnya.




Vingroup, perusahaan terbesar di Vietnam, mengatakan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan dengan Qualcomm dan unit dari Fujitsu untuk memproduksi smartphone 5G, seperti dikutip dari Reuters.

Vsmart menjadi brand yang dimandatkan untuk menciptakan smartphone 5G. Perangkat tersebut akan diproduksi di pabriknya yang terletak di Hanoi. Nantinya ponsel 5G tersebut mau dijual di pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa mulai April tahun depan.

Kembali ke produksi ponselnya, Vingroup mengungkapkan pada awal bulan ini mereka mulai pembangunan pabrik smartphone tersebut. Diharapkan, pabrik itu dapat menghasilkan 125 juta unit dalam setahun.




Diketahui, Vingroup meluncurkan Vsmart pada Desember tahun lalu. Vsmart punya mimpi berupaya memenangkan pangsa pasar dari merek-merek populer, seperti Samsung dan Apple di Vietnam yang punya pasar dengan jumlah populasi 95 juta jiwa.

Setelah diperkenalkan, Vsmart menjual produknya di Spanyol pada bulan Maret dan berencana untuk ekspansi ke pasar Eropa lainnya. Bahkan, Vsmart juga sudah masuk ke negara tentangga mereka, Myanmar, bulan lalu.


(agt/fyk)