Sabtu, 22 Jun 2019 06:32 WIB

Di Indonesia Juga Ada Refund Ponsel Huawei Terkait WhatsApp cs

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Tyrone Siu/Reuters Foto: Tyrone Siu/Reuters
Jakarta - Setelah di Filipina, kini di Indonesia juga ada garansi uang kembali alias refund untuk pembeli ponsel Huawei jika nantinya ponsel tersebut tak bisa menjalankan aplikasi Google, Facebook, WhatsApp dan sejenisnya.

Jaminan ini diberikan oleh Erajaya Group melalui Erafone, yang merupakan distributor dan peritel peralatan telekomunikasi bergerak di Indonesia. Erafone menyebut jaminan khusus ini diberikan untuk menghilangkan perasaan khawatir bagi pembeli perangkat Huawei.

Program ini mencakup pembelian ponsel Huawei baru di outlet Erafone di seluruh Indonesia mulai dari 19 Juni sampai 31 Agustus 2019. Masa berlakunya adalah satu tahun berupa garansi 100% jika ada aplikasi di ponsel Huawei-nya yang tak berfungsi.

Aplikasi yang dimaksud ke dalam garansi untuk ponsel Huawei tersebut adalah Google Play, Gmail, Google Maps, Galeri Google, Chrome, YouTube, Facebook, Instagram, dan WhatsApp.




"Erafone telah bekerja sama dengan Huawei untuk memastikan bahwa kami dapat terus menyediakan produk dan layanan yang baik untuk pasar Indonesia seperti biasa. Kami memiliki satu tujuan yang sama dengan Huawei dalam mendorong layanan berkualitas termasuk inisiatif purna jual yang pasti akan menguntungkan konsumen Indonesia," ujar Djatmiko Wardoyo, Marketing and Communication Director Erajaya Group.

"Kami menyatakan dukungan dan kepercayaan penuh kami kepada Huawei melalui program Jaminan Khusus ini untuk membuktikan bahwa perangkat Huawei aman untuk dibeli. Huawei sempurna seperti biasa, dan kami percaya diri untuk menjual dan mendukung produk Huawei di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Koko tersebut.

Ponsel Huawei yang masuk dalam program jaminan tersebut antara lain adalah P30 Pro, P30, Mate20 Pro, Mate20, P30 Lite, nova3i, Y7 Pro 2019 (4 + 64G), Y7 Pro 2019 (3 + 32G).




"Konsumen dapat langsung mengunjungi toko Erafone di seluruh Indonesia dan melakukan pembelian perangkat Huawei tanpa rasa cemas karena kami akan menjamin seluruh layanan purna jual produk Huawei dan melalui program Jaminan khusus ini, kami berharap Konsumen akan merasakan peace of mind setiap melakukan pembelian perangkat Huawei di Erafone," tutup Koko dalam keterangan yang diterima detikINET.

Sebelumnya, para mitra Huawei di Filipina sudah lebih dulu menjanjikan refund penuh jika smartphone atau tablet Huawei yang dibeli nantinya tidak dapat menjalankan aplikasi Google atau Facebook -- termasuk WhatsApp.

Hal itu demi mengantisipasi adanya kerisauan yang membayangi benak konsumen terkait kemungkinan ponsel Huawei nantinya akan dilarang memakai versi penuh Android ataupun aplikasi-aplikasi dari Google, juga Facebook, Instagram, dan WhatsApp.



(asj/krs)