Rabu, 19 Jun 2019 10:34 WIB

Mau Setop Kebiasaan Buruk? Ada Gelang Pintar Nyetrum Nih

Kris Fathoni W - detikInet
Jam tangan pintar ini memberi setruman listrik buat penggunanya. (Foto: Dok. Amazon/Pavlok) Jam tangan pintar ini memberi setruman listrik buat penggunanya. (Foto: Dok. Amazon/Pavlok)
Jakarta - Jika kamu merasa memiliki sebuah kebiasaan buruk dan sedang berusaha keras menyetopnya, gelang pintar ini bisa dilirik. Siap-siap saja disetrum listrik!

Pavlok, demikian nama gelang pintar yang dijual USD 200 di Amazon tersebut. Disebutkan WTHR, alat ini merupakan sebuah "perangkat wearable pintar untuk menyetop kebiasaan buruk."




Menurut deskripsi produk itu di Amazon, gelang pintar Pavlok ini sudah digunakan oleh 50 ribu orang yang berusaha menyetop kebiasaan buruknya, mulai dari merokok sampai tidur terlalu lama.

Gelang pintar ini sendiri dapat dihubungkan dengan iPhone atau smartphone Android. Pengaturan lebih lanjut pun lantas dapat dilakukan, dengan pengguna harus siap pergelangan tangannya kena setruman listrik jika melakukan kebiasaan buruknya.

[Gambas:Instagram]


Dijelaskan lebih lanjut oleh Metro.co.uk, gelang pintar ini mengeluarkan sengatan listrik 350 volt setiap kali pengguna "melakukan pelanggaran". Ini dilakukan demi "melatih otak" agar mengasosiasikan kebiasaan buruk dengan situasi tak enak.

Kepada ABC News, Maneesh Sethi selaku kreator gelang pintar tersebut mengilustrasikan lebih lanjut tentang sengatan listrik itu. Ia menganalogikannya seperti terkena listrik statis -- tak sampai mematikan, tapi cukup untuk bikin kaget pengguna.

"Rasanya seperti ketika Anda menyentuh gagang pintu setelah menggesekkan kaus kaki ke karpet," katanya seraya menambahkan, "Ada pengaruh besar dalam menggunakan rasa sakit untuk berusaha menghentikan kebiasaan buruk."




Video: Analisis Ming-Chi Kuo: iPhone 5G Apple Bakal Rilis Tahun 2020

[Gambas:Video 20detik]



(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed