Kamis, 13 Jun 2019 17:06 WIB

Tencent Sampai Xiaomi Ikut Bantu Kelahiran OS Huawei?

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Sudah bukan rahasia jika Huawei mengembangkan sistem operasi sendiri, yang bisa jadi alternatif OS Android. Kabar anyar menyebut keterlibatan perusahaan tekno top China di dalamnya.

Begitu setidaknya pemberitaan Forbes, merujuk pada artikel dari Global Times yang turut disebutnya sebagai media corong dari pemerintahan China.

"Huawei dilaporkan tengah melakukan tes intensif menggunakan OS Hongmeng dengan raksasa internet dan vendor smartphone domestik, dan sistem baru itu akan meluncur dalam beberapa bulan lagi," demikian laporan dalam artikel itu.




Hal ini berkaitan dengan tindakan pemerintahan Amerika Serikat di bawah Donald Trump memasukkan Huawei ke "entity list", yang salah satu dampaknya membatasi perusahaan China itu menggunakan OS Android-nya Google. Pada gambaran besarnya, muatan artikel itu pun dapat dilihat dalam konteks perang dagang AS-China.

Maka dalam artikelnya itu Global Times pun menyebut-nyebut nama perusahaan top China seperti raksasa teknologi Tencent, dan sejumlah pembuat smartphone seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Sumber yang dekat dengan perusahaan telko top China juga dikutip mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi terdepan China kini sedang, "aktif bekerja sama dengan Huawei demi membuat OS Hongmeng segera rilis, yang akan jadi hantaman besar buat AS."




(krs/mon)