Minggu, 09 Jun 2019 13:45 WIB

Resep Android Q Bikin Hemat Baterai Ponsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Logo Android. Foto: Reuters Logo Android. Foto: Reuters
Jakarta - Android Q, sistem operasi (OS) terbaru Google masih dikembangkan sebelum resmi dirilis nanti. Terbaru, terungkap fitur anyar Android Q memungkinkan baterai ponsel kalian jadi hemat.

Baru-baru ini, berdasarkan pantuan XDA Developers, sebagaimana detikINET kutip dari Phone Arena, Minggu (9/6/2019) terdapat fitur yang disebut Screen Attention. Fitur ini ditemukan pada update Android Q Beta 4.


Dengan memanfaatkan kamera depan ponsel pengguna, smartphone akan mengetahui apakah pemiliknya itu sedang menatap layar atau tidak. Jika iya, layar akan tetap menyala. Bila sebaliknya, layar mati seperti biasa.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, perlu masuk terlebih dahulu ke setting > display > screen attention.


Disebutkan bahwa, smartphone merek Motorola dan Samsung sudah memiliki fitur serupa. Bedanya terletak pada namanya. Motorola menyebutnya sebagai Attentive Display, sedangkan Samsung menamainya dengan Smart Stay.

Fitur ini diyakini jadi nilai plus bagi pengguna yang ingin perangkatnya tidak boros daya baterainya. Terutama bagi mereka yang sudah lelah karena aktivitas sehari-hari, lalu terlalu lemas untuk menekan tombol power, tetapi layar masih tetap menyala dengan jangka waktu lama, maka fitur Screen attention bisa jadi solusinya. (agt/mon)