Senin, 03 Jun 2019 20:15 WIB

19 Tahun Lalu, Samsung Rilis Ponsel Kamera Perdananya

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
samsung SCH-V200. Foto: Android Authority samsung SCH-V200. Foto: Android Authority
Jakarta - Pada Juni 2000, Samsung meluncurkan ponsel anyarnya bernama SCH-V200 di Korea Selatan. Asing dengan namanya? Wajar, karena vendor ini memang terkenal dengan lini Galaxy miliknya.

Meski begitu, SCH-V200 turut menjadi bagian penting dari sejarah Samsung. Ia merupakan ponsel pertama dari perusahaan tersebut yang memiliki kamera.


Perangkat tersebut mengusung kamera dengan resolusi 0,35MP. Dengan fitur tersebut, ia dapat mengambil gambar hingga 20 kali, sebelum memorinya habis karenanya.

Penggunanya dapat langsung melihat hasilnya di ponsel tersebut. SCH-V200 menggunakan layar TFT LCD berukuran 1,5 inch, sebagaimana detikINET kutip dari Android Authority, Senin (3/6/2019).

Kalau ingin membagikan hasil foto tersebut, penggunanya harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu. Dari situ, gambar dapat ditransfer dan memori ponsel dapat diisi lagi dengan foto-foto baru.

Tadi sudah disebutkan bahwa SCH-V200 merupakan bagian, atau bahkan tonggak, dari sejarah Samsung dalam menggarap ponsel berkamera. Hal ini pun dapat terlihat dari seorang netizen yang menjual perangkat tersebut di eBay.


Tak tangung-tanggung, harga yang dipatok menyentuh angka USD 599, atau sekitar Rp 8,5 juta. Hal itu membuatnya lebih mahal dari sejumlah ponsel flagship yang belum lama ini dirilis seperti Zenfone 6 (mulai 499 euro atau Rp 8 juta) dan OnePlus 7 (mulai dari 32.999 rupee atau Rp 6,6 juta).

Dalam beberapa waktu belakangan pun, Samsung mulai melakukan eksperimen dalam menanamkan kamera pada ponselnya. Hal ini terlihat dari fitur punch hole pada seri Galaxy S10, kamera putar di Galaxy A80, serta empat lensa di Galaxy A9. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed