Senin, 27 Mei 2019 08:55 WIB

Computex 2019

Lenovo Bawa Laptop 5G ke Taipei

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sejumlah vendor komputer berlomba membawa laptop barunya ke perhelatan Computex 2019 yang berlangsung di Taipei, Taiwan. Lenovo kabarnya akan memboyong laptop 5G.

Selama ini kita lebih sering mendengar smartphone 5G. Itulah sebabnya perangkat yang akan diumumkan Lenovo akan menjadi laptop 5G pertama di dunia.


Laptop 5G besutan Lenovo ini akan ditenagai prosesor besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 8cx. Prosesor tersebut diluncurkan Desember lalu di Hawaii dan dirancang untuk PC Mobile.

Snapdragon 8cx menjadi chipset 7nm pertama di dunia untuk platform PC. Qualcomm mengklaim laptop yang ditenagai Snapdragon 8cx ini lebih cepat 3,5 kali lipat dibandingkan perangkat dengan Snapdragon 835 dan 2 kali lipat jika disandingkan dengan Snapdragon 850.

Snapdragon 8cx didukung CPU Kryo 495 octa core terbaru. Dengan cache yang lebih besar dari platform komputer sebelumnya, Kryo 495 memungkinkan multi-tasking yang lebih cepat serta meningkatkan produktivitas pengguna.


Dilengkapi GPU Adreno 680 terbaru, dikatakan sebagai yang terkuat yang pernah diusung oleh Qualcomm. Menggandakan memori interface dari 64 bit menjadi 168 bit.

Di sisi koneksi, Opteron 8cx akan mendukung kecepatan hingga 2 Gbps. Qualcomm juga menghadirkan Quick Charge 4 dan dukungan teknologi audio Aqstic ke platform 8cx.

(afr/afr)