Selasa, 14 Mei 2019 14:09 WIB

Alasan Google Kasih Jack Audio di Pixel 3a

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Google Pixel 3a. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Google Pixel 3a. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
FOKUS BERITA Hajatan Besar Google
Jakarta - Google baru saja merilis Pixel 3a dan Pixel 3a XL dalam hajatan Google I/O 2019. Selain menawarkan harga yang lebih murah untuk kualitas kamera setara Pixel 3, ponsel tersebut juga punya satu daya tarik lain yang bahkan tidak dimiliki oleh 'saudara tua'-nya itu.

Jack audio jadi hal yang dimaksud. Lantas, mengapa Google mengembalikan keberadaan port yang hilang di Pixel 3 itu?




"Kami benar-benar merasa bahwa konsumen ponsel pada kisaran harga dan kelas ini sangat membutuhkan fleksibilitas (untuk jack audio)," ujar Product Manager Google Soniya Jobanputra.

Secara garis besar, ungkapan Soniya mengindikasikan bahwa orang-orang yang membutuhkan jack audio adalah mereka yang memiliki keterbatasan dana. Walau begitu, logikanya tetap masuk. Ketika orang rela menekan pengeluaran untuk sebuah ponsel, buat apa juga mereka membeli wireless earbuds yang notabene lebih mahal dari earphone konvensional.

Jack audio pada Google Pixel 3a.Jack audio pada Google Pixel 3a. Foto: Agus Tri Haryanto/inet



Selain menekankan pada harga, Soniya juga menitikberatkan aspek kelas dari Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Itu berarti, kemungkinan jack audio tidak akan hadir pada Pixel 4 yang termasuk flagship.

Meski demikian, bukan berarti vendor jadi merasa gengsi smartphone kelas high-end miliknya masih mengusung jack audio. Buktinya, Samsung masih menggunakan fitur tersebut pada lini Galaxy S10. Hal yang sama juga dilakukan oleh Asus pada Zenfone 6 yang akan dirilis dalam waktu dekat.



Tonton video Kelahiran Teknologi Mutakhir di Google I/O 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)
FOKUS BERITA Hajatan Besar Google