Senin, 13 Mei 2019 14:32 WIB

Duh! Fitur dari Google Dituding Malah Bikin Pixel 3 Lemot

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Google Pixel 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Google Pixel 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sebuah thread di media sosial Reddit menunjukkan bahwa ada fitur dari Google yang membuat kinerja Pixel 3 jadi lambat. Digital Wellbeing jadi fitur yang dimaksud.

Dalam thread tersebut, seorang netizen mengatakan bahwa ia akhirnya merasakan 'performa flagship' pada Pixel 3 miliknya begitu mematikan Digital Wellbeing. "Perbedaannya seperti siang dan malam," ucapnya.


Ia pun menyarankan para pengguna ponsel sejenis untuk melakukan hal yang sama. Bahkan, sarannya tersebut juga berlaku bagi yang tidak memiliki isu mengenai performa Pixel 3.

Ini tentu memprihatinkan jika penyebab lemotnya ponsel tersebut benar-benar karena fitur Digital Wellbeing. Pasalnya, fungsinya bisa dibilang bertolak belakang dari isu tersebut.

Ia didesain untuk melaporkan kebiasaan user dalam menggunakan ponsel, mulai dari screen time hingga berapa kali membuka ponsel. Selain itu, ada juga fitur wind down yang memungkinkan layar menjadi abu-abu untuk membantu pengguna tidak menggunakan ponsel sebelum tidur.


Digital Wellbeing juga jadi salah satu fitur baru dari Android 9 Pie. Ia pun memulai debutnya di ponsel-ponsel Pixel sebelum hadir di smartphone lain.

Kalau kamu mau membuktikan opini dari pengguna Reddit di atas, berikut cara mematikan fitur Digital Wellbeing di ponsel Pixel:

- Masuk ke pengaturan
- Pilih Digital Wellbeing
- Tap pada ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih "matikan akses penggunaan"
- Konfirmasi ketika ponsel memunculkan tampilan "akses penggunaan" dengan memilih Digital Wellbeing, lalu matikan toggle "izin akses penggunaan". (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed