Sabtu, 11 Mei 2019 16:27 WIB

Prosesor iPhone Baru Sudah Mulai Diproduksi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: OnLeaks x CashKaro Foto: OnLeaks x CashKaro
Jakarta - Pemasok chip Apple, Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) dikabarkan sudah mulai memproduksi prosesor A13 yang akan digunakan untuk iPhone yang akan rilis pada tahun 2019.

Dilansir detikINET dari Bloomberg, Sabtu (11/5/2019), produksi uji coba prosesor ini telah dimulai sejak bulan April dan akan mulai diproduksi massal pada akhir bulan Mei.




Prosesor A13 dibangun dengan basis proses 7nm+ dan akan menawarkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, seperti performa yang lebih kencang dan baterai yang lebih awet.

Nantinya prosesor A13 akan digunakan oleh ketiga iPhone yang akan dirilis oleh Apple. Ketiga iPhone ini merupakan penerus iPhone XS, XS Max, dan XR. Berdasarkan informasi yang diperoleh Bloomberg dari sumber anonim, penerus iPhone XS dan XS Max menggunakan nama kode D43 dan D44, sedangkan penerus iPhone XR menggunakan nama kode N104.

Desain ketiga iPhone generasi terbaru akan sama dengan pendahulunya. Yang membedakan, penerus iPhone XS dan XS Max akan menggunakan tiga kamera belakang dan penerus iPhone XR akan menggunakan dua kamera belakang.

Kamera ketiga di iPhone versi high-end akan menggunakan lensa ultra-wide yang juga akan menawarkan zoom lebih jauh. Kamera kedua di penerus iPhone XR akan menggunakan lensa telephoto.




Penerus iPhone XS dan XS Max disebut akan memiliki desain yang lebih tebal 0,5 mm dibanding penerusnya untuk mengakomodasi ketiga kamera belakang. Informasi yang diperoleh Bloomberg juga memastikan susunan kamera belakangnya akan berbentuk kotak dan ditempatkan di sisi kiri atas.

Apple juga akan menyematkan fitur reverse charging di iPhone generasi terbaru. Fitur ini memungkinkan iPhone untuk mengisi ulang tenaga aksesoris seperti Apple Watch dan Airpods secara wireless.


(vim/krs)