Jumat, 10 Mei 2019 14:04 WIB

Laporan dari Mountain View

Nest Hub Max, si Layar Pintar Penjaga Rumah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
FOKUS BERITA Hajatan Besar Google
Mountain View, Caifornia - Hardware yang diperkenalkan Google di perhelatan Google I/O 2019 bukan cuma duo Pixel. Perusahaan teknologi ini juga memamerkan perangkat layar pintar Nest Hub Max.

Nest Hub Max merupakan produk rumahan yang dirancang oleh Google dalam memberi kebutuhan informasi pengguna dan juga dapat berperan layaknya penjaga saat si tuan rumah tak ada.




"Rumah adalah tempat paling istimewa dalam hidup kalian. Jadi, kita perlu memikirkan tentang teknologi yang kita ciptakan untuk itu," ungkap Rick Osterloh, Senior Vice President Devices & Services Google.

Hub Nest Max adalah produk pertama dari tim yang baru dibentuk Google. Perangkat tersebut bisa dibilang penyempurnaan dari Nest Hub (sebelumnya Google Home Hub).

Nest Hub Max, Layar Pintar Si Penjaga RumahFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Perangkat anyar ini memiliki bentang layar 10 inch yang dapat dipakai untuk memainkan musik atau YouTube dan melihat siapa yang ada di depan pintu rumah.

Ada juga kamera wide angle untuk kebutuhan panggilan video lewat Google Duo. Selain itu, terpasang pula Google Assistant di alat ini.

Berbicara keamanan, lewat kameranya, Nest Hub Max dapat mendeteksi pergerakan dari seseorang yang tak dikenal di rumah kalian. Nest Hub Max terintegrasi dengan ponsel penggunanya, jadi kalian bisa mengontrol perangkat ini dari jauh.

"Jika kalian ingin tahu apa yang terjadi di rumah, bisa pilih Nest Cam. Kalian dapat menyalakannya saat jauh dari rumah dan memeriksa langsung dari aplikasi Nest di ponsel kalian," kata Rick.

Nest Hub Max, Layar Pintar Si Penjaga RumahFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Berbicara privasi, Google menjanjikan kalau Nest Hub Max tidak akan otomatis mengaktifkan kamera secara tiba-tiba, kecuali itu memang diminta oleh penggunanya.




Sejauh ini, Google baru akan memasarkan Nest Hub Max di kandang mereka sendiri dengan harga USD 229 pada musim panas 2019. Adapun pasar Inggris dan Australia akan disambanginya dengan masing-masing dibanderol 219 Euro dan AUD 349.


(rns/rns)
FOKUS BERITA Hajatan Besar Google