Selasa, 07 Mei 2019 15:35 WIB

Microsoft Word Pakai Kecerdasan Buatan, Fungsinya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Microsoft Foto: Dok. Microsoft
Jakarta - Setelah menghadirkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke PowerPoint bernama Ideas, kini Microsoft menghadirkan fitur serupa ke dalam Microsoft Word. Apa fungsinya?

Ideas di PowerPoint adalah sebuah alat yang bisa memberi saran untuk meningkatkan kualitas presentasi. Namun di Word, Ideas bukan dipakai untuk memperbaiki typo ataupun mengubah grammar.

Bahkan, Ideas di Word tak sekadar menghitung panjang kata dan waktu yang dibutuhkan untuk membaca dokumen yang sedang dibuat. Ideas akan memperhatikan pilihan kata yang dipakai oleh penulis dan menyarankan kata yang lebih tepat untuk kondisi tertentu, ibaratnya seorang editor.




Ideas untuk Word ini pertama dipamerkan di Microsoft Build developer Showcase di Seattle, Amerika Serikat ini, demikian dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (7/5/2019).

Kolaborasi antara Office dengan AI akan terus dikembangkan lebih lanjut. Contohnya adalah kini Word tak cuma membolehkan kolaborasi dengan beberapa orang dalam sebuah dokumen secara realtime. Namun Word dengan Ideas bisa otomatis mengirimkan email ke rekan kerja untuk meminta bantuan pada dokumen yang tengah dikerjakan.


(asj/krs)