Sabtu, 04 Mei 2019 19:41 WIB

Keawetan Baterai iPhone Disebut Beda Jauh dari Klaim Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
iPhone XR. Foto: Reuters iPhone XR. Foto: Reuters
Jakarta - Apple secara signifikan melebih-lebihkan daya tahan baterai di model iPhone tertentu. Begitu laporan dari lembaga advokasi konsumen di Inggris, Which?.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Which? mengujicoba 9 model iPhone yang berbeda dan semuanya tidak sesuai dari klaim keawetan baterai yang disebut Apple, dengan persentase 18% sampai 51%.

Menurut mereka, yang paling tidak sesuai adalah iPhone XR. Which? menyatakan untuk waktu bicara, iPhone XR tahan 16 jam 32 menit. Padahal Apple di website menyebut ketahanannya sampai 25 jam talk time.



Pengujian itu sampai ke telinga Apple. Perusahaan yang dikomandoi CEO Tim Cook ini pun memberikan tanggapan.

"Kami dengan ketat menguji produk kami dan tetap berpegang pada klaim daya tahan baterai kami. Dengan integrasi kuat antara hardware dan software, iPhone dibuat untuk secara pintar mengendalikan penggunaan daya untuk memaksimalkan daya tahan baterai," sebut Apple.

"Which? tidak membagikan metodologinya dengan kami sehingga kami tidak dapat membandingkan hasil mereka dengan kami. Kami membeberkan metodologi pengujian yang kami publikasikan dengan mendetail," tambah mereka.

Which? sendiri menyatakan mereka menghitung waktu seberapa lama ponsel yang baterainya penuh habis dayanya jika melakukan panggilan terus menerus dan membandingkannya dengan klaim dari manufaktur.



Mereka juga mengadakan tes serupa jika digunakan untuk browsing. Tidak hanya iPhone, Which? menjajal ketahanan baterai dari merek lain. Selain Apple, HTC juga disebut Which? melebihkan ketahanan baterai sebagian ponselnya dengan selisih 5%.

Sedangkan brand seperti Samsung, Nokia dan Sony menurut Which? malah lebih tinggi ketahanan baterainya dibandingkan klaim mereka.

Tapi memang tes semacam itu tidak bisa diterima mentah-mentah. Review dari media teknologi terkemuka semacam Cnet, Anand Tech sampai Tom's Guide memuji ketahanan baterai iPhone XR yang disebut lebih baik daripada iPhone XS.


Simak juga video Mengapa iPhone Harganya Mahal? Ini Alasannya!:

[Gambas:Video 20detik]


Keawetan Baterai iPhone Disebut Beda Jauh dari Klaim Apple
(fyk/fyk)