Ponsel Punya Zoom Super Jauh, Sudah Dibutuhkan?

Ponsel Punya Zoom Super Jauh, Sudah Dibutuhkan?

ADVERTISEMENT

Ponsel Punya Zoom Super Jauh, Sudah Dibutuhkan?

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 27 Apr 2019 15:59 WIB
Oppo Reno yang punya kemampuan zoom 10x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Dewasa ini kamera ponsel tidak hanya piawai memotret di kondisi gelap, tapi mampu melakukan zoom yang cukup jauh. Tapi apakah pengguna ponsel sudah membutuhkan hal tersebut.

Pertanyaan ini coba detikINET sodorkan ke PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto. Sebab Oppo baru saja merilis Reno yang punya dua kemampuan tadi.


Aryo menuturkan kalau teknologi yang dihadirkan pihaknya bergantung dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Saat ini pengguna Oppo didominasi anak muda yang kebutuhannya tidak sekadar selfie saja.

"Para milenial kebutuhan kameranya tinggi. Tidak hanya selfie, tapi bagaimana kamera bisa mumpuni digunakan di malam hari. Makanya kami coba mengakomodasi itu dengan fitur ultra night mode," ujarnya saat ditemui usai acara media experience Oppo Reno di Jakarta.

Ponsel Punya Zoom Super Jauh, Sudah Dibutuhkan?Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Pihak Oppo pun melihat anak-anak muda cukup sering mendatangi konser musik. Mereka selalu mengabadikan aksi panggung bintang idolanya, kendati jarak mereka berdiri cukup jauh.

"Kebutuhan buat foto panggung belum terpenuhi, terutama ketika mau mengambil aksi arti idolanya. Fitur zoom smartphone yang ada tidak mumpuni. Di sinilah Oppo hadir dengan kamera zoom 10x untuk memenuhi pasar ini," jelas Aryo.

Sementara itu, pengiat fotografi ponsel Aries Lukman mengatakan adanya kemampuan zoom jauh sangat membantu di satu kondisi di mana objek sulit untuk dijangkau lebih dekat. Dicontohkannya pada saat konser atau lihat pertunjukan.

Aries Lukman. Aries Lukman. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
"Ketika posisi kita jauh dari panggung, dengan ada zoom, tanpa kita desak-desakan ke depan kita bisa mendapatkan gambar yang cukup tajam," ujarnya.

Namun semakin tinggi tingkat zoom yang digunakan, ketajaman gambar yang didapat agak sedikit menurun. Pun begitu bukan berarti tidak bisa diakali.


"Antara zoom 5x dengan 10x, memang ketajamannya menurun. Tapi kita bisa menurunkan exposurenya. Jangan membiarkan exposurenya tinggi, karena bisa detailnya ilang. Biasanya kalau gue dapetin gambar lebih tajam exposurenya diturunin. Sehingga gambar jadi underexpose," jelas pria berkacamata itu.

Menurut kamu sendiri adanya zoom tinggi di smartphone bagiamana? (afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT