Selasa, 23 Apr 2019 13:51 WIB

Kotak Permen Karet Kelabui Sensor Sidik Jari Nokia 9 Pureview

Virgina Maulita Putri - detikInet
HMD Global Product Officer Juho Sarvikas dalam peluncuran Nokia 9 Pureview. (Foto: REUTERS/Rafael Marchante) HMD Global Product Officer Juho Sarvikas dalam peluncuran Nokia 9 Pureview. (Foto: REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta - Nokia 9 Pureview merupakan salah satu smartphone flagship yang dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar. Smartphone ini juga baru saja mendapatkan update untuk meningkatkan kecepatan sensor sidik jarinya.

Setelah update ini, beberapa pengguna memang mengakui kinerja sensor sidik jari ini menjadi lebih cepat. Tapi sepertinya ada pula bug yang membuat keamanan pengguna Nokia 9 Pureview menjadi terkompromi.




Seorang pengguna Nokia 9 Pureview mengatakan bahwa setelah smartphone miliknya diupdate, sensor sidik jarinya malah jadi lebih mudah dikelabui. Sistem pengamanan ini dapat dengan mudah dibuka menggunakan sidik jari orang lain yang tidak terdaftar di smartphone, seperti dilansir detikINET dari 9to5Google, Selasa (23/4/2019).

Bahkan, ada juga yang mencontohkan sistem pengamanan ini bisa dikelabui dengan sekotak permen karet, seperti yang diperlihatkan oleh pengguna Twitter @decodedpixel.


Nokia belum memberikan penjelasan resmi tentang apa penyebab bug ini. Ada dugaan bahwa hal ini terkait dengan algoritma yang baru saja di-tweak dan membuat sensor tidak bisa memindai dengan tepat.

Jika masalah ini terkait dengan update software tersebut, maka Nokia diperkirakan akan segera mengirimkan patch untuk memperbaikinya dalam beberapa waktu ke depan.




(vim/krs)