Kamis, 11 Apr 2019 17:00 WIB

LG Rilis Duet Televisi Premium Pakai Kecerdasan Buatan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Peluncuran televisi baru LG. Foto: Imron Rosyadi/detikinet Peluncuran televisi baru LG. Foto: Imron Rosyadi/detikinet
Jakarta - LG resmi memboyong dua televisi kelas premiumnya ke Indonesia. Perangkat pertama bernama C9, sedangkan satunya adalah SM90.

Nama pertama tergabung dalam lini OLED TV, sedangkan yang kedua termasuk ke NanoCell TV berbasis layar LED. Satu yang menarik perhatian dari kedua perangkat ini adalah hadirnya prosesor anyar buatan LG yang mendukung kecerdasan buatan di dalamnya.

Alpha 9 Gen 2 menjadi chipset untuk C9, sedangkan Alpha 7 Gen 2 merupakan prosesor bagi SM90. Walau berbeda, keduanya sama-sama memiliki algoritma khusus dengan kemampuan deep learning untuk meningkatkan kualitas visual dan audio.




Pada aspek pertama, dengan jutaan basis data yang dimilikinya, prosesor itu mampu mengenali kualitas konten. Hal ini pun menyetel metode terbaik sehingga tampilan di layar menjadi optimal, atau disebutnya sebagai kemampuan AI Picture.

LG Rilis Duet Televisi Premium Pakai Kecerdasan BuatanFoto: Imron Rosyadi/detikinet

Prosesor ini juga punya sensor khusus untuk mengukur tingkat pencahayaan di ruangan tempat televisi terkait berada. Kemampuan bernama AI Brightness ini membuat perangkat bersangkutan bisa mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail pada gambar. Hal ini juga berlaku ketika televisi memainkan konten kualitas HDR.

"Kemampuan ini memastikan mata menangkap berbagai tayangan dengan nyaman pada kondisi pencahayaan yang berubah-ubah," ujar Julius, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia.




Sedangkan di sektor audio, chipset di dalam C9 dan SM90 memberi peningkatan pada sistem audio 5.1 surround sound dan sistem audio 2.1. Tak kalah menarik, terdapat kemampuan mengidentifikasi bunyi di dalam konten sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih baik, dengan kata lain disebut sebagai AI Sound.

Teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos tetap dihadirkan pada dua televisi anyarnya ini. Khusus untuk SM90, tergabung dalam lini NanoCell TV yang berbasis layar LED membuatnya ditanami sejumlah kemampuan tambahan agar kualitas gambarnya lebih baik.




Pertama ada Nano Color yang memberikan range warna lebih luas. Kemudian ada Nano Accuracy yang memungkinkan akurasi warna tetap terjaga ketika dilihat dari berbagai sudut pandang. Sedangkan yang terakhir adalah Nano Bezel, yang memberikan bingkai minimalis pada televisi.

LG Rilis Duet Televisi Premium Pakai Kecerdasan BuatanFoto: Imron Rosyadi/detikinet

Soal harga dan ketersediaan, LG belum berkomentar lebih lanjut. Mereka hanya menyebut produk-produk itu akan tersedia di pasar pada akhir April atau awal Mei mendatang. (fyk/krs)