Selasa, 09 Apr 2019 15:43 WIB

83% Remaja AS Punya iPhone, 'Sobat Miskin' Jangan Iri

Virgina Maulita Putri - detikInet
iPhone XS Max. (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman) iPhone XS Max. (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta - Apple masih patut optimistis dengan masa depan iPhone. Ini setidaknya terindikasi dari popularitas iPhone di tengah remaja Amerika Serikat dalam sebuah survei.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh bank investasi Piper Jaffray, iPhone ternyata merupakan smartphone yang dimiliki oleh 83% remaja AS. Survei ini melibatkan 8.000 pelajar setaraf SMA di 47 negara bagian AS, dengan rata-rata usia 16,3 tahun.

Dilansir detikINET dari Mac Rumors, Selasa (9/4/2019), 86% remaja AS juga masih menginginkan iPhone sebagai smartphone mereka selanjutnya. Angka ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan dari tahun lalu yang mencapai 82%.




Tidak hanya iPhone, banyak remaja AS yang juga mendambakan aksesoris seperti Apple Watch. 27% dari responden memiliki smartwatch, tapi 22% dari mereka berencana membeli Apple Watch dalam waktu enam bulan ke depan, naik dua persen dari survei tahun lalu.

Survei ini membagi responden menjadi dua kategori yaitu remaja dari keluarga berpenghasilan tinggi dengan pendapatan sekitar USD 100 ribu dan dari keluarga berpenghasilan rata-rata dengan pendapatan sekitar USD 55 ribu.




Popularitas Apple yang cukup tinggi di kalangan remaja tentu merupakan pertanda yang baik bagi masa depan Apple, karena ketika menginjak usia dewasa mereka kemungkinan masih akan menggunakan iPhone. Selain iPhone, mereka juga sudah lengket dengan produk dan layanan Apple lainnya dari usia dini.

Hasil survei itu juga memberi angin segar buat iPhone-nya Apple yang belakangan banyak dikritik di antaranya karena kurangnya inovasi dan harganya yang juga kian mahal -- otomatis makin jauh dari genggaman pengguna pada umumnya, apalagi buat kalangan "sobat miskin".

(vim/krs)