Senin, 08 Apr 2019 16:20 WIB

Membandingkan Harga Kamera Galaxy S10, P30 Pro, dan iPhone XS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Jakarta - Saat ini ada tiga nama besar untuk urusan kualitas kamera di ponsel, yaitu Galaxy S10, P30 Pro, dan iPhone XS. Sebenarnya, berapa sih harga untuk sistem kamera di ponsel-ponsel tersebut?

Bocoran harga sistem kamera ini muncul dari catatan bill of material dari Cowen yang ditujukan untuk para investor. Dalam laporan tersebut Cowen menyebut sistem kamera di iPhone XS dan XS Max harganya adalah USD 34,50 per perangkat.

Sementara sistem kamera di keluarga Galaxy S10 adalah USD 44 per unit, dan P30 Pro harga sistem kameranya mencapai USD 56 per unit, yang terdiri dari empat kamera belakang dan sebuah kamera depan.


Dari daftar harga ini, terlihat kalau harga kamera yang dipakai di Galaxy S10 dan P30 Pro jauh lebih mahal ketimbang unit kamera di iPhone XS. Bahkan harganya lebih tinggi 1,4 dan 1,9 kali lipat lebih mahal.

Namun tentu ini hanyalah harga dari sisi hardware, dan tidak merepresentasikan kualitas kamera secara keseluruhan. Pasalnya, kualitas kamera sebuah ponsel juga sangat ditentukan dari sisi software, yang komponen harganya tidak masuk ke dalam daftar harga tersebut.

"Integrasi antara software untuk melengkapi sensor hardware milik Apple tidak bisa terekam secara penuh dalam analisis BOM (bill of material)," tulis Cowen dalam laporannya.

Hal ini ditunjukkan Google lewat Pixel 3 yang hanya mempunyai sebuah kamera belakang namun tetap bisa menghasilkan gambar yang berkualitas kamera mempunya software pemrosesan gambar yang mumpuni, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (8/4/2019). (asj/fyk)