Selasa, 02 Apr 2019 20:00 WIB

Nokia 'Pisang' Sudah Bisa Dipakai Buat WhatsApp

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Nokia 8110 reborn alias Nokia Pisang. Foto: Digital Trends Nokia 8110 reborn alias Nokia Pisang. Foto: Digital Trends
Jakarta - Setahun sudah versi reinkarnasi dari Nokia 8110, atau kerap disebut Nokia Pisang, diperkenalkan. Kini, HMD Global mengumumkan bahwa aplikasi WhatsApp sudah mulai tersedia untuk salah satu feature phone miliknya itu.

Secara garis besar, fungsi standar dalam berkirim pesan, group chat, voice notes, dan berbagai foto maupun video dapat dilakukan pada WhatsApp di Nokia Pisang. Tidak disebutkan apakah ada fitur yang dikurangi.


Nokia 8110 versi reborn ini sendiri muncul perdana pada MWC 2018. Ia menjalankan Smart Feature OS dari KaiOS. Hal ini membuat ponsel tersebut bisa menjalankan aplikasi yang biasanya ditemukan di smartphone.

Mengakses Google Assistant, Google Maps, YouTube, Facebook, hingga Twitter bukan jadi soal buat ponsel ini. Terlebih, ada game Snake juga.

Bahkan, ia juga mendukung 4G, NFC, dan fitur seperti wi-fi dan bluetooth. Patut dicatat, masih banyak smartphone kelas menengah yang belum punya NFC.

Sekadar info, Nokia Pisang ini bukan perangkat berbasis KaiOS pertama yang mendapat akses ke WhatsApp. Sebelumnya, JioPhone di India sudah bisa menggunakan aplikasi itu sejak tahun lalu.


Sayangnya, buat kamu yang memilikinya, jangan keburu senang dulu. Perusahaan tersebut mengatakan rilisnya WhatsApp di Nokia Pisang masih terbatas untuk India saja.

Menarik untuk ditunggu apakah penerapan ini akan diperluas hingga ke Indonesia juga. WhatsApp untuk KaiOS sendiri membutuhkan versi firmware minimal 2.5.1, sebagaimana detikINET kutip dari Android Authority, Selasa (2/4/2019). (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed