Selasa, 26 Mar 2019 08:02 WIB

Layanan Kartu Kredit Apple Bikin Pengguna Untung Banyak

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Apple Foto: Apple
Jakarta - Selain menghadirkan layanan berbayar, Apple memperkenalkan kartu kredit. Menariknya, layanan bernama Apple Card itu bikin pengguna untung banyak.

Ya bagaimana tidak, Apple menghadirkan layanan kartu kredit tanpa mengenakan biaya. Pengguna pun diberikan pengurangan suku bunga dan dikasih Daily Cash, yakni program cash back di setiap transaksi.


"Kami ingin menghadirkan pengalaman kartu kredit yang jauh lebih baik," kata Tim Cook, CEO Apple saat acara peluncuran yang berlangsung di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Selasa dini hari (26/3/2019).

Untuk mendapatkan kartu kredit dari Apple, pengguna dapat mendaftar langsung dari iPhone lewat aplikasi Wallet. Nantinya pengguna akan diberikan langsung kartu digital untuk melakukan pembayaran di manapun yang mendukung Apple Pay.

Layanan Kartu Kredit Apple Bikin Pengguna Untung BanyakFoto: Apple


Lewat aplikasi, kita dapat melacak pembelian yang telah dilakukan, memeriksa saldo, melihat kapan tagihan jatuh tempo dan lain-lain.

Layanan ini dibekali machine learning dan Apple Maps untuk memberi label transaksi dengan jelas, baik nama toko dan lokasinya. Pembelian secara otomatis dijumlahkan dan diorganisir berdasarkan kategori kode warna, seperti makanan, minuman, belanja dan hiburan.

Agar membantu pengguna memahami pengeluaran mereka, Apple Card memberikan ringkasan transaksi mingguan dan bulanan.

Layanan Kartu Kredit Apple Bikin Pengguna Untung BanyakFoto: Apple
Saat ini Apple bekerjasama denga Goldman Sachs dan Mastercard. Perusahaan besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak ini menjanjikan tidak ada biaya tambahan, tidak ada biaya internasioanla dan tidak ada batasan pembayaran.

Memastikan bahwa privasi pengguna adalah segalanya, Apple menegaskan tidak mengumpulkan data transakasi apapun dari pengguna. Selain itu pengguna diberikan kartu fisik berbahan titanium.

Kartu ini dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan pembayaran di tempat yang tidak mendukung Apple Pay. Berbeda dengan kartu konvensional, tak ada nomor, CVV, tanggal kadaluarsa dan tanda tangan pada kartu Apple Card.

Layanan Kartu Kredit Apple Bikin Pengguna Untung BanyakApple Card fisik berbahan titanium. Foto: the Verge
Tak heran bila Apple mengklaim kartu ini lebih aman ketimbang kartu kredit fisik lainnya. Dan lagi-lagi, setiap pembelanjaan dengan kartu ini, pengguna diberikan cash back.

Apple Card akan tersedia pada musim panas atau sekitar Juli nanti. Tertarik? Maaf kamu harus gigit jari, karena layanan ini hanya tersedia di Amerika Serikat saja.


(afr/afr)