Selasa, 26 Mar 2019 01:45 WIB

Jajaran Televisi AI LG Siap Serbu Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Setelah memulai debutnya di CES dan berlanjut ke perhelatan InnoFest 2019, LG memastikan televisi anyar yang dibekali kecerdasan buatan (AI) akan hadir di Indonesia.

Ada dua varian yang akan diboyong vendor asal Korea Selatan itu, TV OLED dan TV UHD yang kini diberi nama NanoCell TV. Keduanya ditenagai prosesor Alpha 9 Gen 2.


LG menempatkan algoritma baru yang memiliki kemampuan deep learning. Database informasi visual yang dihasilkan akan digunakan prosesor untuk mengenali berbagai kualitas konten sehingga lebih optimal saat ditayangkan di layar.

Prosesor Alpha Gen 2 dibekali kemampuan untuk memahami kenyamanan mata manusia dalam melihat tayangan TV di berbagai kondisi pencahayaan. Dengan sensor yang ditanam dalam TV, prosesor ini dapat mengenali dan mengukur tingkat pencahayaan sekitar untuk kemudian mengoptimalkan kecerahan layar yang memastikan kenyamanan pengguna.

Jajaran Televisi AI LG Siap Serbu IndonesiaFoto: LG

Khusus dalam menangani konten HDR, melalui peningkatan kemampuan AI, prosesor ini pun dapat mengoptimalkan tingkat kecerahan yang berbeda menyesuaikan dengan pengaturan pencahayaan. Kemampuan ini membuat seluruh gambar HDR ditampilkan dengan baik tanpa mengorbankan kedalaman dan kenaturalan warna.

Disamping itu, LG masih tetap membawa serta teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV premium terbarunya nanti.

Tak saja dari sisi visual. prosesor Alpha Gen 2 turut meningkatkan kemampuan audio. Penerapan algoritma terbaru membuat audio TV yang sejatinya memiliki dua kanal stereo dapat ditingkatkan dengan membawa nuansa sistem audio 5.1 surround sound.

Jajaran Televisi AI LG Siap Serbu IndonesiaFoto: LG


Prosesor memiliki kemampuan untuk memproses bunyi berdasarkan jenis konten. Selain itu akan menyesuaikan tingkatan keluaran audio yang disesuaikan pada penempatannya. LG masih mempertahankan teknologi Dolby Atmos untuk memberikan keluaran audio yang lebih realistis.

Dengan spek yang baru, TV LG mampu mengenali dan menjalankan perintah suara yang lebih dalam bentuk percakapan sehingga membuat interaksi lebih natural dengan penggunanya.


Lantas kapan pastinya LG membawa televisi pintarnya ke Tanah Air? Julius, TV Product Marketing LG Electronics Indonesia mengatakan OLED TV dan NanoCell TV terbaru di Indonesia ini akan hadir pada semester pertama tahun ini.

"Tak sampai tengah tahun ini, publik Indonesia akan dapat merasakan sensasi menonton TV lebih baik melalui kepintaran prosesor dan pengembangan AI LG," ujar Julius.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed