Senin, 25 Mar 2019 12:35 WIB

'Chrome' Bakal Jadi Browser Bawaan Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Microsoft menggarap ulang broser Edge-nya yang kini bakal berbasis pada Chromium. Dan kini browser anyar itu tengah diuji secara internal.

Dalam pengujian tersebut, terlihat kalau Edge versi baru ini punya banyak kemiripan dengan Chrome, tentu karena dibangun menggunakan basis yang sama dengan Chrome. Meski begitu, Microsoft pun tetap menambahkan perubahan tampilan dan animasi agar Edge tetap punya "rasa" Windows.

Saat pertama diinstal, Edge versi Chromium ini akan memunculkan opsi untuk mengimpor favorite, password, dan browsing history baik dari Chrome atau pun Edge. Lalu browser ini akan memunculkan pilihan tema yang disukai pengguna.

Secara garis besar, tampilan antarmuka Edge versi Chromium adalah campuran dari Chrome dan Edge. Contohnya adalah fitur aksesbilitas untuk membaca teks yang sebelumnya sudah ada di Edge.




Edge pun nantinya akan mendukung ekstensi layaknya Chrome. Bahkan daftar ekstensi yang ada di database Chrome pun nantinya akan bisa diinstal. Dalam versi beta yang tengah diuji, sejumlah ekstensi populer di Chrome sudah berfungsi di Edge.

Saat nanti browser ini sudah tersedia ke publik, bukan tak mungkin banyak pengguna Windows yang tak lagi mengunduh Chrome di PC anyarnya. Pasalnya Edge versi Chromium kemungkinan bakal terasa jauh lebih baik ketimbang Edge yang ada saat ini, bahkan mendekati Chrome.

Namun sayangnya belum diketahui kapan Edge versi Chromium ini akan tersedia ke publik, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (25/3/2019).



(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed