Rabu, 20 Mar 2019 20:57 WIB

Nvidia Rilis Komputer Mini Rp 1 Jutaan, Keunggulannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Nvidia Foto: Nvidia
Jakarta - Di ajang GPU Technology Conference (GTC), Nvidia merilis sebuah produk baru berupa komputer mini seharga USD 99 atau sekitar Rp 1,4 juta. Apa keunggulannya?

Komputer ini dinamai Jetson Nano, yang berfungsi sebagai otak di robot dan berbagai perangkat berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Dengan komputer ini, perangkat-perangkat tersebut bisa melakukan komputasi yang dibutuhkan oleh AI tanpa tergantung pada koneksi ke otak pemrosesan yang tersimpan di cloud.

Perangkat semacam ini dikenal sebagai edge computing, yaitu di mana data yang didapat dari kamera dan mikrofon tak perlu keluar dari perangkat, melainkan diproses langsung secara internal. Alhasil perangkat tersebut bisa lebih cepat, dapat diandalkan, dan lebih aman.




Developer kit yang diluncurkan oleh Nvidia ini dibuat untuk para peneliti, desainer, atau pun pembuat perangkat DIY. Mereka juga menyediakan modul siap produksi untuk perusahaan komersial dengan harga USD 129.

Ada juga proyek DIY yang diluncurkan oleh Nvidia, yaitu sebuah kit robot otonom bernama JetBot seharga USD 250. Dalam kit ini ada sebuah Jetson Nano, sasis robot, baterai, dan motor, yang siap dirakit oleh pengguna untuk menciptakan sebuah robot otonom.

Jetson Nano sendiri adalah sebuah board dengan chip yang punya kekuatan komputasi 472 gigaflops, yang ditenagai oleh prosesor quad core ARM A57, GPU Nvidia Maxwell 128 core, dan LPDDR RAM sebesar 4 GB.




Nano mendukung bermacam framework AI yang populer saat ini, seperti TensorFlow, PyTorch, Caffe, Keras, dan MXNet. Ini artinya kebanyakan dari algoritma yang banyak dipakai saat ini akan bisa dipakai dengan mudah bersama Nano.

Antarmuka di perangkat PC mini ini juga terbilang lengkap, USB-A dan B, Ethernet gigabit, dan storage microSD, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (20/3/2019).

Dengan peluncuran Nano ini Nvidia berharap bisa mengajak banyak pengguna baru di komunitas pengembangan hardware AI. Pasalnya menurut Nvidia harga Nano ini terbilang cukup kompetitif dibanding pesaingnya, seperti Neural Compute Stick buatan Intel yang harganya USD 79 dan Coral devkit seharga USD 150 dari Google.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed