Jumat, 15 Mar 2019 16:45 WIB

Foto Malam Fantastis Ini Dihasilkan Kamera Smartphone Lho!

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Robi Setiawan/detikcom Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Kemampuan kamera smartphone seringkali diremehkan dalam pengambilan foto. Apalagi kondisi pengambilan foto yang dianggap memerlukan kamera dengan kemampuan atau spesifikasi lensa yang mumpuni, misalnya pengambilan foto dengan minim cahaya seperti pada malam hari.

Tampaknya anggapan kamera smartphone yang minim kualitas mulai terkikis seiring dengan bermunculannya produk smartphone dengan kamera canggih. Peningkatan kualitas kamera smartphone pun dilakukan dari berbagai aspek, mulai dari meningkatkan besaran piksel hingga menambahkan teknologi AI.


Foto Malam Fantastis Ini Dihasilkan dari Kamera Smartphone LhoFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Foto seorang gadis di atas diambil saat malam hari, namun hasil jepretan kamera smartphone yang digunakan tetap menampilkan kualitas gambar yang baik. Bahkan bukan hanya tajam, foto tersebut juga menggunakan efek bokeh yang membuat foto semakin menarik.




Dari contoh foto tersebut bisa dilihat bahwa foto malam yang bagus menggunakan smartphone bisa dilakukan dengan memanfaatkan sumber cahaya yang ada. Selain untuk menerangi objek, cahaya juga mampu menjadi background yang bagus.

Foto Malam Fantastis Ini Dihasilkan dari Kamera Smartphone LhoFoto: Robi Setiawan/detikcom

Hampir mirip dengan teknik foto sebelumnya yang diambil saat malam hari lalu menampilkan efek bokeh. Bedanya foto pria dengan batik di atas diambil dengan keadaan minim cahaya di sekitarnya.

Untuk mengakali minim cahaya, fotografer menambahkan bantuan penerangan dengan flash terpisah dari perangkat yang digunakan untuk mengambil foto.

Foto Malam Fantastis Ini Dihasilkan dari Kamera Smartphone LhoFoto: Robi Setiawan/detikcom

Selanjutnya adalah contoh foto cityscape sebuah gedung pada malam hari. Biasanya ketika smartphone digunakan untuk mengambil foto cityscape objeknya tidak akan tajam, cahaya yang diserap pun minim

Namun tidak demikian dengan foto cityscape yang satu ini. Tampak jelas dan detail cahaya-cahaya yang ada di gedung-gedung atau jalanan. Selain itu langit malamnya pun terlihat tidak begitu gelap sehingga foto tampak lebih bagus.




Dari foto-foto tersebut membuktikan bahwa smartphone bisa diandalkan dalam pengambilan foto malam dengan baik, asalkan fitur dan spesifikasinya sudah mendukung. Misalnya pada OPPO F11 Pro yang telah dibekali dengan fitur Super Night Mode.

Fitur Super Night Mode pada OPPO F11 Pro akan berpadu dengan AI Ultra-Clear Engine yang mengenali objek dan mengoptimalkan pengaturan. Fitur ini juga akan membantu dalam mengoptimalkan stabilisasi gambar selama long exposure dan low-light performance.





(ega/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed