Kamis, 14 Mar 2019 08:58 WIB

Oppo F11 Pro Bawa Kamera 48 MP, Hasil Interpolasi?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Oppo F11 Pro hadir membawa kamera belakang 48 MP. Banyak yang mencurigai angka tersebut hasil dari interpolasi, benarkah?

Untuk diketahui interpolasi merupakan teknik merekayasa agar megapixel menjadi lebih besar dari yang sebenarnya. detikINET coba mengonfirmasi hal tersebut pada PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto. Dia tegas membantah dugaan tersebut.


"Kami memasang ISOCELL GM1 yang punya resolusi 48 MP," ujar Aryo saat ditemui usai acara peluncuran Oppo F11 Pro di Jakarta, Rabu malam (14/3/2019).

Pria berkacamata ini lanjut menjelaskan bahwa secara default kamera yang digunakan F11 Pro 12 MP. Ini agar pengguna dapat dengan mudah memotret di kondisi terang maupun gelap.

Oppo F11 Pro Bawa Kamera 48 MP, Hasil Interpolasi?Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Jika ingin menggunakan kamera 48 MP, pengguna harus melakukan pengaturan rasio foto. Namun diingatkan saat mengatifkan mode ini, sejumlah fitur tidak dapat digunakan.

"Fitur HDR dan Dezzle Color Mode tidak aktif saat menggunakan kamera 48 MP," ungkap Aryo.

Untuk diketahui kamera belakang seri F11 dibekali kamera ganda. Kamera utamanya 48MP dan bukaan diafragma sebesar F/1.79.

Bersama dengan lensa 6P, kamera tersebut diklaim dapat mendeteksi lebih banyak cahaya ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya dan memastikan hasil gambar yang lebih detail. Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell yang terdapat di kamera akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Oppo F11 Pro Bawa Kamera 48 MP, Hasil Interpolasi?Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Teknologi ini melipatgandakan ukuran piksel fotosensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari.

Selain itu, F11 Pro dan F11 juga menerapkan teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping. Teknologi tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan dan pengurangan multi-frame noise, memperoleh stabilisasi genggam, mencapai penekanan sorotan, dan meningkatkan rentang dinamis.


Semua teknologi ini dikombinasikan untuk memungkinkan pengguna menangkap tingkat pencahayaan dan detail yang melebihi batas kemampuan mata manusia. Ketika mengambil foto portrait malam hari, seri F11 secara otomatis dapat membedakan wajah manusia dengan latar belakangnya, memastikan manusia sebagai fokus foto tersebut.

Dengan menggunakan lensa 48MP, Ultra Night Mode, dan Color Mapping, OPPO seri F11 memiliki kombinasi peranti keras dan peranti lunak yang memungkinkan pengguna menangkap foto portrait malam hari yang tajam dengan mudah. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed