Android Q Beta Bakal Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Bakal Hadir di Banyak Perangkat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 12 Mar 2019 08:02 WIB
Foto: Google.com
Jakarta - Sejak Android Pie, Google sudah menyebar OS versi beta ke beberapa perangkat non Pixel. Jumlah perangkat itu akan bertambah saat Google merilis Android Q nanti.

Pada gelaran Google I/O 2018 lalu, Google membuat pengumuman yang cukup mengagetkan dengan menghadirkan Android Pie -- saat itu namanya masih Android P -- beta ke sejumlah perangkat non Nexus dan Pixel.


Berkat Project Treble, pengguna Essential Phone, Nokia 7 Plus, OnePlus 6, Oppo R15 Pro, Sony Xperia ZX2, Vivo X21, dan Xiaomi Mi Mix 2S bisa mencicipi OS tersebut lebih cepat layaknya lini perangkat Nexus dan Pixel.

Project Treble sendiri adalah framework anyar yang membuat pabrikan bisa lebih mudah, cepat dan berbiaya lebih murah untuk membuat perangkat buatannya bisa mencicipi Android versi terbaru.

Framework ini pertama diluncurkan pada 2017 melalui Android Oreo, namun pengembangannya terus berlanjut di Android Pie, dan kini Android Q, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (12/3/2019).


Iliyan Malchev, bos Project Treble menyebut kalau Android Q beta akan melibatkan lebih banyak ponsel jika dibandingkan dengan Android Pie beta, yang dikatakannya dalam sebuah podcast bertajuk Android Developer Backstage episode 110.

"Jumlahnya akan lebih besar di perilisan Android selanjutnya, yang membuat saya sangat senang. Saya belum bisa mengungkap jumlah pastinya. Namun trennya cukup positif dan kuat, dan saya sangat senang mendengarnya," ujar Malchev.

Namun tetap saja Google bakal membuat Android Q developer preview eksklusif untuk Pixel, yang akan berjalan selama dua bulan. Lalu program beta akan dimulai setelahnya, kemungkinan besar di ajang I/O 2019 yang digelar pada 7 Mei mendatang.


(asj/krs)