Sabtu, 16 Feb 2019 21:44 WIB

Lagi, Beredar Paten Terbaru Ponsel Layar Lipat Apple

Rachmatunnisa - detikInet
Sketsa yang menampilkan desain ponsel layar lipat Apple. Foto: Istimewa Sketsa yang menampilkan desain ponsel layar lipat Apple. Foto: Istimewa
Jakarta - Apple memang sudah santer dikabarkan akan merilis ponsel layar lipat di 2020. Seiring itu pula, beredar sejumlah informasi terkait misteri gadget tersebut.

Pekan ini, Apple meng-update paten ponsel layar lipatnya. Ini adalah kelanjutan dari paten sebelumnya yang didaftarkan di 2011, dan diperbarui di 2016 dengan gambar sketsa yang menampilkan iPhone dengan layar fleksibel.


Pada sketsa di paten terbaru, Apple menujukkan ponsel tersebut dilipat sebagian. Gambaran ini mirip dengan paten milik Motorola Razr yang ingin membuat ponsel lipat lebih mungil untuk dikantongi.

Berbeda dengan Samsung dan Xiaomi rancangan keduanya lebih ke arah mengubah ponsel menjadi tablet mini ketika sedang digunakan.

Dikutip dari Cnet, Sabtu (16/2/2019), yang menarik adalah berbagai cara Apple memperlihatkan bagaimana menggabungkan engsel dan membalutnya dengan layar OLED sehingga fleksibel untuk dibengkokkan.


Deretan sketsa yang menggambarkan desain ponsel layar lipat Apple. Deretan sketsa yang menggambarkan desain ponsel layar lipat Apple. Foto: Istimewa

Ada juga sketsa yang memperlihatkan desain yang dibuka tutup seperti kulit kerang, dan ilustrasi jika desain yang diusung adalah model dilipat menjadi tiga.

Yang jelas, gambar-gambar tersebut menunjukkan fungsi layar fleksibel yang bisa dilipat ke dalam dan ke luar, sehingga punya potensi penggunaan lebih luas di luar seperti iPhone, MacBook atau iPad yang masih misterius. (mon/mon)