Rabu, 09 Jan 2019 14:00 WIB

Kinerja Apple Disorot, Begini Pembelaan Tim Cook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
CEO Apple, Tim Cook. Foto: Getty Images CEO Apple, Tim Cook. Foto: Getty Images
Jakarta - Dalam suratnya ke para investor minggu lalu, CEO Apple Tim Cook menyebut pemasukan Apple selama musim liburan 2018 tak bisa mencapai perkiraan. Lalu diikuti oleh menurunnya nilai saham Apple dan berbagai kritikan yang menyebut Apple tak lagi inovatif.

Cook pun angkat bicara mengenai hal tersebut, yaitu dalam wawancaranya dengan CNBC. Pembelaan Cook secara garis besar ada dua, yaitu eksosistem Apple yang kurang dihargai, dan adanya budaya inovasi di Apple.

Memang, saham Apple menurun kira-kira 14% selama 12 bulan terakhir, yang membuat para investor khawatir. Namun menurut Cook ini bukanlah pertama kalinya ia mendengar kekhawatiran seperti ini.

"Saya mendengarnya di 2001, lalu 2005, dan 2007, 2008, 2010, 2012, dan 2013. Kamu mungkin bisa menemukan pernyataan yang sama dari orang yang sama secara berulang," ujar Cook.


Padahal menurut Cook Apple masih terus berinovasi dan konsumen Apple yang loyal berikut ekosistemnya sangatlah besar namun seringkali dianggap tak ada, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Rabu (9/1/2019).

"Menurut saya Apple punya budaya inovasi dan budaya inovasi itu jika digabungkan dengan para konsumen yang loyal, bahagia, dan ekosistem ini, adalah sesuatu yang seringkali dianggap tak ada," ujarnya.


Cook pun mengaku tak kaget melihat nilai saham Apple yang merosot karena pasar yang dianggapnya sedang cukup emosional dalam jangka pendek. Apple, menurut Cook, sudah menyadari hal itu dan tetap fokus pada jangka panjang.

Rencana jangka panjang Apple disebutnya sudah sangat baik, termasuk jajaran produk terbaik dan ekosistem yang belum pernah lebih kuat dari ini, terutama dalam hal layanan. (asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed